Bursa Eropa Naik Terdukung Keputusan Bantuan Pandemi AS

429

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada hari Jumat (20/11) terdukung keputusan Departemen Keuangan AS untuk meningkatkan program bantuan pandemi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5% selama transaksi sore di Eropa, dengan saham minyak dan gas naik 1,3% memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif. Saham makanan dan minuman tergelincir 0,3%.

Indeks FTSE naik 0,4%. Indeks DAX naik 0,3%. Indeks CAC menguat 0,3%.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada Kamis mengumumkan rencana untuk mengizinkan beberapa program pinjaman darurat Federal Reserve berakhir pada 31 Desember.

Pasar global telah menerima dorongan hingga Rabu setelah Pfizer dan Moderna mengumumkan uji coba vaksin virus corona yang berhasil, dengan Stoxx 600 di Eropa mencatatkan rekor tertinggi dalam 8 bulan dan Wall Street melonjak ke tingkat rekor. Namun reli terhenti pada pertengahan minggu karena lonjakan kasus virus yang meluas, terutama di AS dan Eropa, menyebabkan pembuat kebijakan mempertimbangkan langkah-langkah penguncian baru.

Pfizer dan BioNTech mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan mengajukan permohonan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk otorisasi darurat vaksin, yang hasil uji coba terbaru menunjukkan 95% efektif.

Kembali di Eropa, pembicaraan Brexit langsung telah ditangguhkan setelah anggota tim UE dinyatakan positif Covid-19 pada hari Kamis, tetapi kepala negosiator dan tim mereka masing-masing telah melanjutkan diskusi dari jarak jauh dengan harapan merundingkan kesepakatan dalam 10 hari ke depan.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, saham Sage Group anjlok lebih dari 13% karena laba perusahaan perangkat lunak Inggris turun setelah investasi cloud.

Di puncak indeks blue chip Eropa, perusahaan Jerman Thyssenkrupp melihat sahamnya naik lebih dari 5,5% setelah mengumumkan akan memangkas 5.000 pekerjaan lagi untuk mengurangi dampak dari pandemi pada berbagai bisnisnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa bergerak naik terdukung sentimen positif dari AS terkait keputusan Departemen Keuangan AS untuk meningkatkan program bantuan pandemi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here