Kenaikan Harga Karet 20 November Moderat, Tocom Sepekan Turun 5% Lebih

747

(Vibiznews – Commodity) – Mengakhiri perdagangan karet pekan ini di bursa komoditas internasional  hari Jumat (20/11/2020), harga kembali naik secara harian, namun alami penurunan secara mingguan. Anjloknya harga karet pekan ini disebabkan profit taking pasar setelah awal pekan naik ke posisi tertinggi 2 pekan.

Secara fundamental, posisi pasar karet masih menjadi incaran sejalan dengan meningkatnya pasar otomotif China sebagai negara konsumen terbesar dunia yang mengangkat demand global dan terbatasnya persediaan di negara-negara produsen utama seperti Thailand dan Vietnam.  

Selama 2 hari terakhir pekan ini terjadi pergerakan fluktuasi keatas untuk semua perdagangan bursa internasional seperti Tocom, SHFE dan juga Sicom.   Dukungan penguatan harga mendapat sumbangan juga dari pergerakan harga minyak mentah dunia yang positif.

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup anjlok  2,8 yen atau 1,25% ke posisi 226.8 yen per kg. Secara mingguan bergerak bearish dengan penurunan 3,74% setelah pekan sebelumnya naik 5,98%.

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Januari 2021 ditutup naik 45 poin atau 0,31% ke posisi 14330 yuan, secara mingguan anjlok untuk 3 pekan berturut dengan penurunan 0,89%. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Maret 2021  ditutup naik  US$0,6 atau 0,38% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 157,0, secara mingguan turun 0,7%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here