Prospek Industri Konsol Game Meraih Laba $ 4 Miliar

203

(Vibiznews – Technology) Saat ini ada lebih dari 700 juta orang bermain video game berada di konsol khusus, dengan industri konsol di jalur untuk menghasilkan pendapatan $ 45 miliar tahun ini, menurut firma riset pasar Newzoo. Dan cara perusahaan di sektor ini menghasilkan uang telah berubah dengan cepat selama bertahun-tahun.

Sekarang, dengan penjualan konsol baru dari Microsoft dan Sony, ada dorongan yang jelas dari kedua perusahaan lebih dalam ke perangkat lunak dan langganan – mirip dengan cara Apple lebih menekankan layanan dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka berharap untuk memanfaatkan meningkatnya permintaan akan game karena konsumen di seluruh dunia menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama pandemi virus corona. Tetapi pandemi bukanlah satu-satunya hal yang mengubah industri game baru-baru ini.

Konsol sekarang menjadi bisnis yang jauh lebih menguntungkan bagi perusahaan daripada satu atau dua dekade lalu.

Distribusi game secara digital telah memungkinkan perusahaan memperoleh margin keuntungan yang lebih besar daripada menjual salinan fisik di toko-toko. Sementara penerbit biasanya menghasilkan sekitar $ 35 dari permainan seharga $ 60 yang dijual di dalam toko, unduhan online berarti mereka sekarang dapat menghasilkan sebanyak $ 45 per permainan; ini dapat meningkat menjadi 95% untuk pemegang platform seperti Sony yang menjual game pihak pertama mereka secara digital.

Sony dan Nintendo telah melaporkan jumlah unduhan digital yang jauh lebih tinggi tahun ini. Tren itu tampaknya akan terus berlanjut, dengan Microsoft dan Sony menjual versi digital saja dari konsol baru mereka dengan harga lebih rendah.

Apa yang disebut ekosistem game akan menjadi lebih penting selama beberapa tahun ke depan.

Sony memperkenalkan PS5 sebagai sistem all-in-one yang memberi pemain akses ke game eksklusifnya serta layanan langganan PlayStation Plus dan PlayStation Now, yang menawarkan game online, beberapa judul gratis, dan game cloud.

Analis mengatakan pendahulu PS5, PlayStation 4, sebagian besar mengalahkan konsol Microsoft Xbox One karena jumlah game eksklusif yang dijualnya.

Kemampuan game untuk menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar dalam jangka panjang akan menjadi sangat penting bagi banyak pemilik platform ini.

Nintendo juga memanfaatkan katalog kekayaan intelektualnya yang luas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here