Harga Kakao di New York Naik ke Harga Tertinggi 4 1/4 Tahun

1011

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao di New York dan  harga kakao di London pada hari Selasa naik ke harga tertinggi 4 ¼ tahun di New York.

Harga kakao Maret di ICE New York naik $32 (1.16%) menjadi $2,785 per ton dan harga kakao Maret di ICE London naik 1.04%

Hershey’s membeli kakao melalui kakao berjangka di ICE New York daripada  membeli di pasar fisik, pergerakan ini bisa diikuti oleh perusahaan coklat lainnya sehingga meningkatkan harga kakao.

Pembelian Hershey’s membuat persediaan kakao di ICE turun ke 9 ¾ bulan terendahnya pada hari Selasa.

Harga kakao di New York naik lebih tinggi karena pembelian Hershey’s dilakukan di ICE New York, sedangkan di London pembelian kakao tidak dilakukan karena kakao di London berasal dari Cameroon yang kualitasnya lebih rendah.

The Ghana Cocoa Board  pada hari Selasa membeli kakao dari petani pada  tanggal 1 -29 Oktober sebesar 116,141 MT turun 9.6% dari tahun lalu. Ghana mengalami kekeringan sehingga hasil panen kakaonya berkurang.

Pemerintah Ivory Coast pada hari Senin mengatakan bahwa petani telah mengirimkan kakao ke pelabuhan dari 1 Okt – 22 November jumlahnya naik 11.3% dari tahun lalu menjadi 693,375 MT akibat dari banyak  negara-negara Eropa yang di lockdown karena pandemi covid gelombang ke dua mengakibatkan permintaan kakao berkurang.

Harga kakao meningkat di New York dan London karena para importir tidak lagi membeli kakao langsung di pasar fisik karena menghindari dikenakan pajak ekspor dari daerah asal. Panen sudah selesai di Afrika Barat dan diperkirakan produksinya akan meningkat, sementara permintaan berkurang selama lockdown yang diberlakukan di negara Eropa akibat pandemi covid gelombang ke dua.  Penggilingan kakao yang dilakukan di Amerika Utara dan Eropa turun 4 % dari tahun lalu, sementara di Asia turun 10% dari tahun lalu.

Curah hujan tidak merata di Afrika  Barat dan suhu mendekati normal. Sementara di Indonesia dan Malaysia curah hujan banyak.

Persediaan kakao menurut ICE pada hari Selasa sebesar 3.157 juta kantong

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,690 dan berikut ke $2,670 sedangkan resistant pertama di $2,770 dan berikut ke $2,800.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here