Harga Minyak Sawit Turun ke Harga Terendah 2 Minggu

693

(Vibiznews – Commodity) –Harga minyak sawit turun pada penutupan pasar hari  Selasa mencapai harga terendah 2 minggu, karena turunnya ekspor dan mengikuti turunnya harga minyak kedelai di CBOT.

Harga minyak sawit di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 75 ringgit atau 2.25% menjadi 3,251 ringgit ( $795.84) per ton, harga terendah sejak 10 Nopember.

Cargo surveyor menunda laporan ekspor dari 1 -25 Nopember menjadi hari Kamis. Permintaan diperkirakan masih akan turun setelah ekspor pada  20 hari pertama turun 16% dari bulan lalu.

Harga minyak sawit turun karena permintaan berkurang, karena harga minyak sawit sedang tinggi sehingga para importir lebih memilih minyak kedelai karena harganya lebih murah walaupun biaya dan kualitas tidak sama dengan minyak sawit. Harga minyak sawit sangat dipengaruhi oleh harga minyak nabati saingannya, terutama harga dari minyak kedelai.

Harga minyak sawit juga turun karena sedang musim panen dimana pohon sawit memproduksi buah yang lebih banyak apalagi di musim hujan ini, namun di Malaysia kekurangan pekerja untuk mengambil sawit, sehingga harga tidak bisa turun lebih rendah lagi, karena produksi minyak sawit tidak naik sebesar biasanya waktu musim panen.

Indonesia menunda peningkatan pembuatan biodiesel menjadi B40 yang penggunaan minyak sawitnya 40% yang tadinya akan dilakukan tahun ini,  menjadi tahun depan.  Produksi biodiesel Indonesia dari Januari – September sebesar 6.47 juta kl, sementara ekspor minyak sawit  Indonesia pada tahun ini diperkirakan 36.1 juta ton.

Harga minyak kedelai di Bursa Dalian turun 1.7% sementara harga minyak sawit naik 0.1%. Harga minyak kedelai di CBOT turun 1.3%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,240 ringgit dan berikut ke 3,200 ringgit sedangkan resistant pertama 3,420 ringgit dan berikut 3,440 ringgit.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here