Harapan Vaksin dan Membaiknya Data Ekonomi – Market Mover 26 Nov 2020 by Ricky Ferlianto

539

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global terlihat agak tenang pada pekan ini, seiring meredanya berita harapan vaksin virus corona dan libur Thanksgiving di AS.

Namun berita seputar vaksin virus corona masih menjadi perhatian dan data ekonomi AS yang menunjukkan hasil baik menjelang akhir pekan ini.

Minggu lalu perusahaan Moderna mengatakan vaksinnya 94,5% efektif dalam mencegah Covid-19 dalam uji coba tahap akhir.

Pada pekan ini Raksasa farmasi Inggris AstraZeneca mengatakan analisis sementara uji klinis menunjukkan vaksin virus corona memiliki kemanjuran rata-rata 70% dalam melindungi terhadap virus.
Dengan adanya berita positif vaksin vírus corona menjelang akhir tahun ini, memberikan harapan untuk pelaksanaan vaksin dapat dilaksanakan pada tahun mendatang.

Sementara itu, data ekonomi dari AS,
data GDP Growth Rate Q3 menunjukkan rebound 33,1% dari -31,4% pada kuartal sebelumnya. Data Durable Goods Orders Oktober menunjukkan juga peningkatan dari 0,9% menjadi 1,3%. Namun data jobless claim menunjukkan kenaikan.

Bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan harga?

Dari pasar forex, investor diperkirakan mencari mata uang berisiko dan aset pasar berkembang dalam beberapa pekan terakhir setelah berita positif tentang kemanjuran vaksin Covid-19 yang membebani dolar AS.

Dari pasar index, bursa saham global diperkirakan positif merespon berita vaksin yang menjanjikan. Juga Bursa AS setelah liburan thanksgiving diperkirakan naik merespon data ekonomi yang sebagian besar baik.

Dari pasar komoditas, harga minyak menguat terdukung penurunan produksi mingguan AS dan berita positif vaksin yang memberikan harapan peningkatan permintaan. Sedangkan harga emas bergerak turun karena harapan vaksin dan membaiknya data ekonomi.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting
Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here