Bursa Eropa Awal Desember Bergerak Positif

229
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan di wilayah positif pada hari Selasa (01/12), mengikuti tren positif pasar global lainnya.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada awal perdagangan, bank naik 2,1% memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama menguat.

Indeks FTSE menguat 1,3%. Indeks DAX naik 0,8%. Indeks CAC naik 0,76%.

Pasar Eropa mengikuti suasana hati yang menggembirakan di AS dan Asia-Pasifik; Saham berjangka AS naik pada Selasa pagi setelah rata-rata utama mencatat kenaikan tajam bulanan untuk November. Sementara itu di pasar Asia-Pasifik, saham lebih tinggi pada perdagangan Selasa.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyebut prospek ekonomi AS sangat tidak pasti. Meningkatnya kasus COVID-19 baru, baik di AS maupun di luar negeri, mengkhawatirkan dan dapat menantang selama beberapa bulan ke depan, demikian pernyataan Powell dalam sambutan yang disiapkan untuk disampaikan pada hari Selasa.

Pada hari Selasa, kelompok penghasil minyak OPEC dan sekutu non-OPEC yang dipimpin oleh Rusia (aliansi yang dikenal sebagai OPEC +) telah dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan tentang kebijakan produksi minyak bersama mereka. Tetapi OPEC + telah menunda pembicaraan tentang kebijakan produksi untuk tahun depan hingga Kamis, tiga sumber mengatakan kepada Reuters, karena masih berselisih tentang berapa banyak minyak yang harus mereka pompakan di tengah permintaan yang lemah.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan investasi real estat Prancis Covivio dan induk British Airways IAG keduanya naik lebih dari 6% pada awal perdagangan, sementara perusahaan hidrogen Norwegia Nel dan pemberi pinjaman Italia Unicredit turun lebih dari 5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa bergerak positif mengikuti hasil positif bursa global. Harapan positif vaksin virus corona dan pemulihan ekonomi juga memberikan dukungan penguatan bursa global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here