Wall Street Cetak Rekor Lagi oleh Berita Optimis Vaksin dan Stimulus AS

423

(Vibiznews-Index) – Bursa saham Amerika rebound dan cetak rekor tertinggi pada  perdagangan yang berakhir hari Rabu (2/12/2020), dengan Nasdaq dan S&P500  mencapai rekor penutupan tertinggi sepanjang sejarah yang baru. Ketiga indeks utama Wall Street bergerak bullish sejak awal sesi setelah sesi sebelumnya masuk zona merah.

Indeks Dow Jones naik 185,28 poin atau 0,6 persen menjadi 29.823,92, indeks Nasdaq melonjak 156,37 poin atau 1,3 persen menjadi 12.355,11 dan indeks S&P 500 melonjak 40,82 poin atau 1,1 persen pada 3.662,45. Kekuatan saham  Wall Street merespon berita optimis vaksin dan peluncuran proposal stimulus virus corona baru.

Sekelompok senator bipartisan memperkenalkan proposal bantuan virus corona senilai sekitar $908 miliar pada hari Selasa, yang bertujuan untuk memecahkan kebuntuan partisan selama berbulan-bulan atas bantuan federal darurat untuk ekonomi AS di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Optimisme yang terus berlanjut tentang potensi vaksin virus corona juga memicu minat beli saham, dengan Pfizer  dan BioNTech  mengajukan permohonan kepada Badan Obat-obatan Eropa untuk otorisasi pemasaran bersyarat dari vaksin mereka.

Dalam perdagangan semalam, investor abaikan rilis data PMI manufaktur AS yang menurun,  survey ISM mengatakan PMI manufaktur turun menjadi 57,5 ​​pada November dari 59,3 pada Oktober.

Melihat pergerakan sektoral, saham baja merespon positif terhadap data manufaktur China yang optimis sehingga  Indeks NYSE Arca Steel melonjak 4,5 persen ke level penutupan terbaiknya dalam lebih dari setahun. Penguatan yang signifikan juga terlihat di antara saham-saham emas dengan kenaikan 4,5 persen oleh NYSE Arca Gold Bugs Index.

Saham jasa minyak juga mengalami kinerja yang kuat meskipun terjadi penurunan harga minyak mentah dengan Indeks Layanan Minyak Philadelphia naik 3,6 persen. Saham keuangan, perangkat keras komputer dan maskapai penerbangan juga menunjukkan kekuatan yang cukup besar pada hari itu.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here