Harga Gula Naik Mengikuti Kenaikan Harga Minyak Mentah

236

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu kembali naik dari harga terendah 3 ½ minggunya karena meningkatnya harga minyak mentah, sehingga permintaan  etanol akan meningkat sebagai bahan bakar pengganti.

Harga gula Maret di ICE New York pada hari Rabu ditutup naik 9 sen (0.62%) menjadi $14.60 dan harga gula Maret di ICE London naik 0.58%.

Pada hari Rabu harga minyak mentah naik 1% , sehingga permintaan akan etanol akan meningkat, harga etanol akan naik membuat pabrik tebu membuat etanol daripada gula sehingga produksi gula berkurang akibatnya  persediaan gula berkurang.

Harga gula pada hari sebelumnya sempat turun ke harga terendah 3 ½ minggu karena peningkatan produksi gula di India, menurut India Sugar Mills Association (ISMA) bahwa India dari 1 Oktober – 30 Nopember produksinya meningkat 107%  dari tahun lalu menjadi 4.29 MMT.

Meir Commodities India Pvt. Pada hari Selasa lalu juga memperkirakan ekspor gula India akan ada di range 1.5 – 2.0 MMT tanpa subsidi pemerintah, selama negara tetangga lebih memilih membeli gula India dibanding gula dari Brazil karena ongkos kirimnya lebih murah.

Produksi gula menurut Unica pada hari Rabu bahwa di Pusat dan Selatan Brazil pada pertengahan Nopember naik 57 % dari tahun lalu menjadi 1.242 MMT diatas perkiraan sebesar 1.220 MMT. Penggunaan tebu untuk produksi gula menjadi 41.74% di 2020/21 dibanding 28.42% di tahun 2019/20.

Hujan mulai turun di Brazil Selatan dan Pusat sehingga produksi gula membaik. Pabrik tebu masih memilih membuat gula dan mengurangi etanol apabila harga minyak mentah lebih murah, jumlah tebu yang digiling menjadi gula sebesar 45% dibanding tahun lalu 35%. Produksi gula Thailan akan berkurang pada tahun ini karena pengurangan area penanaman dan hujan mulai turun di musim monsoon. Hujan turun di Asia Tenggara, mulai dari Vietnam sampai ke Laut Pasific. Uni Eropa mengalami masalah cuaca dan hama di perkebunan bit.

Analisa tehnikal untuk gula dengan support pertama di $14.20 dan berikut ke $14.00 sedangkan resistant pertama di $14.90 dan berikut $15.10.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here