Pasar Akhir Pekan Terkoreksi, Hanya Karet Tocom Berhasil Cetak Weekly Gain

246

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet di bursa komoditas internasional akhir pekan serempak alami profit taking hingga membuat harga turun dari posisi tinggi pada hari Jumat (4/12/2020). Terjadi penurunan harga yang cukup signifikan pada karet Tocom yang diperdagangkan pada bursa Osaka-Jepang, turun dari kisaran tertinggi 1 bulan. Demikian karet SHFE dan Sicom juga alami penurunan yang signifikan, profit taking membuat karet SHFE anjlok 5% lebih. 

Namun secara mingguan, perdagangan karet Tocom berhasil mencetak weekly gain sendiri dibandingkan karet  bursa Shanghai (SHFE) dan juga  Sicom yang justru alami penurunan mingguan. Karet Tocom melonjak 4,19%, karet SHFE dan Sicom anjlok 1,4% dan 1,3% masing-masing dalam perdagangan pekan ini.

Dukungan bagi karet Tocom pekan ini didapat dari sentimen supply yang melemah, juga secara perdagangan berjangka mendapat support dari pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS dan pergerakan kuat harga minyak mentah dunia. Seperti yang diberitakan sebelumnya, produksi karet negara produsen utama sedang terganggu oleh penyakit gugur daun.

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 pada penutupan sore ditutup anjlok 10,9 yen atau 4,10% ke posisi 255.1 yen per kg. Sempat naik ke posisi tertinggi 265,6 yen per kg setelah dibuka pada posisi 264.9.  

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup anjlok  850 poin atau 5,2% ke posisi 14855 yuan, terendah sejak 26 November. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Maret 2021  ditutup turun  US$4,4 atau 2,63% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 162,9.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here