Harga Gandum Naik Di Awal Minggu, Karena Meningkatnya Ekspor

318

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum naik di awal minggu setelah laporan pengiriman ekspor USDA,  karena peningkatan pengiriman ekspor sementara menanti Laporan persediaan dan permintaan oleh WASDE pada tanggal 10 Desember.

Harga gandum Maret di CBOT naik 2 sen menjadi $5.7750 per bushel.

Laporan pengiriman ekspor mingguan USDA untuk gandum sampai 3 Desember sebesar 530,781 MT,  masih  dalam range perkiraan 400,000 – 600,000 ton, turun dari minggu lalu tapi masih naik 45% dari tahun lalu pada minggu yang sama. Negara tujuan pengiriman yang terbesar Jepang 90.568 MT, Mexico dan  Cina jumlah yang dikirim cukup banyak . Total ekspor sampai tanggal 3 Desember sebesar 13.467 MMT naik 3% dari tahun lalu.

Pada hari Jumat Official Census mengumumkan 11.627 MMT (427.21 mbu) gandum dikirim pada bulan Oktober

Cuaca di Amerika mixed dan masih kering di sebelah barat Great Plains, hujan dilaporkan di Midwest. Timur Ukraina dan Selatan Rusia mulai hujan, hujan ini terlambat dan tidak bisa diharapkan akan memperbaiki kelembaban tanah pada saat ini, tapi akan sangat menolong kelembaban sebelum musim semi. Australia barat kondisi cuaca bagus dan turun hujan. The Canadian Prairies dalam keadaan kering dan suhu udara rata-rata diatas normal.

Pada hari Senin harga gandum Eropa melanjutkan penurunan pada hari Jumat dan mencapai  harga terendah dua bulan, karena menguatnya Euro.

Harga gandum di Eropa turun 6 sesi berturut-turut pada hari Jumat dan mencapai terendah tujuh minggu karena panen di Australia, dan panen di Canada dan menguatnya kurs Euro terhadap USD.

Perancis mengirim 877,000 MT gandum di Bulan Nopember, dan 331,800 MT ke Cina. Di Perancis sedang berlangsung pengiriman gandum ke Cina, negara Asia menjadi tujuan penjualan gandum Perancis pada dua bulan terakhir

Di Jerman pengiriman gandum sebesar 90,000 ton ke Iran dan 95,000 ton ke Aljazair. Pengiriman gandum aktif pada akhir-akhir ini untuk pengiriman di  Bulan Desember sejumlah 600,000 ton  meningkat dibanding pengiriman Nopember 450,000 ton.

Harga gandum di Polandia juga turun karena rendahnya harga di pasar Internasional dan berkurangnya permintaan domestik.

Persediaan gandum di Rusia naik karena petani masih menunggu akan ekspor quota yang sedang diajukan. Departemen Pertanian Rusia sedang mengajukan kuota ekspor untuk biji-bijian sebesar 17.5 juta ton untuk 15 Februari – 30 Juni. Pemerintah masih belum menyetujui proposal ini.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $5.74 dan berikut ke $5.68 sedangkan resistant pertama di $5.92 dan berikut $6.00.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here