Harga Minyak Bergerak Naik Terdukung Berita Positif Vaksin Covid-19

418

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak bergerak naik pada hari Rabu (09/12) terdukung berita positif tentang vaksin Covid-19 mengangkat harapan investor untuk pemulihan permintaan bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 22 sen, atau 0,48% menjadi $ 45,82.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 26 sen, atau 0,53% menjadi $ 49,10 per barel.

American Petroleum Institute (API) mengatakan pada hari Selasa bahwa pasokan minyak mentah AS, bensin dan sulingan naik tajam pekan lalu, pasokan minyak mentah melonjak 1,14 juta barel, bertentangan dengan perkiraan analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penarikan 1,42 juta barel.

Inggris mulai memvaksinasi massal rakyatnya pada Selasa dalam upaya global yang merupakan salah satu tantangan logistik terbesar.

Pfizer melewati rintangan lain pada hari Selasa ketika Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS merilis dokumen yang tidak menimbulkan tanda bahaya baru atas keamanan atau kemanjuran vaksin yang dikembangkannya dengan BioNTech Jerman.

Berita vaksin membantu mengimbangi kekhawatiran dari peningkatan tajam kasus virus corona secara global yang telah menyebabkan serangkaian penguncian baru, termasuk langkah-langkah ketat di California, Jerman dan Korea Selatan.

EIA mengatakan pada hari Selasa bahwa produksi minyak mentah AS diperkirakan akan turun tahun depan sebesar 240.000 barel per hari (bph) menjadi 11,10 juta barel per hari, penurunan yang lebih kecil dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya untuk penurunan 290.000 barel per hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya harga minyak berpotensi naik terdukung berita positif vaksin virus corona. Juga jika malam nanti laporan pasokan minyak mentah mingguan oleh EIA terealisir turun, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 46,26-$ 46,65. Namun jika harga turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 45,61-$ 45,38.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here