Bursa Eropa Positif Mengikuti Kenaikan Bursa Wall Street dan Asia Pasifik

352

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Rabu (16/12), mengikuti tren positif bursa Wall Street dan bursa Asia Pasifik.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1%, dengan otomotif naik 2% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik lebih 1%. Indeks DAX menguat 1,66%. Indeks CAC meningkat 0,8%.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pada hari Rabu bahwa telah ada kemajuan dalam pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan pasca-Brexit dengan Inggris dan beberapa hari ke depan akan menentukan, menawarkan dorongan untuk saham di awal sesi.

Tren positif telah ditetapkan untuk pasar Eropa setelah kenaikan di Wall Street Selasa, melawan tren negatif dalam sesi terakhir. Dow Jones Industrial Average naik hampir 340 poin, dibantu oleh lonjakan 5% di saham Apple, sementara S&P 500 naik 1,3%, menghentikan penurunan beruntun empat hari.

Saham di Asia-Pasifik lebih tinggi pada perdagangan Rabu setelah kenaikan semalam di Wall Street karena optimisme tumbuh atas prospek lebih banyak stimulus setelah pandemi Covid-19.

Saham berjangka AS datar pada perdagangan pagi hari Rabu karena investor berpegang teguh pada kemungkinan stimulus fiskal baru sebelum akhir tahun. Investor di Amerika Serikat juga akan menantikan komentar Federal Reserve pada hari Rabu tentang masa depan ekonomi AS.

Sementara pandangan jangka panjang Fed diperkirakan akan ditingkatkan karena vaksin tersebut, bank sentral diperkirakan akan terdengar sangat dovish di akhir pertemuannya.

Kembali ke Eropa, lonjakan kasus virus corona juga menjadi fokus utama bagi investor dengan beberapa negara ekonomi utama, termasuk Jerman, Italia, dan Belanda, mengubah rencana Natal untuk melonggarkan pembatasan guna mengekang peningkatan tajam kasus.

Pada hari Rabu, Jerman memulai penguncian Natal di mana sekolah dan toko yang tidak penting harus tutup. Inggris juga sedang mempertimbangkan kembali rencana untuk melonggarkan aturan untuk memungkinkan keluarga berkumpul selama periode perayaan.

Aktivitas bisnis di zona euro lebih baik dari yang diharapkan pada bulan Desember, tetapi masih mengalami kontraksi, menurut rilis data awal Rabu. Pembacaan output komposit PMI (indeks manajer pembelian) zona euro, yang melihat aktivitas di sektor manufaktur dan jasa, berada di 49,8 pada Desember, naik dari 45,3 pada November. Namun, angka di bawah 50 masih mengindikasikan kontraksi dalam aktivitas bisnis.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, grup telekomunikasi dan kabel Altice Europe melonjak lebih dari 23% pada awal perdagangan setelah Next Europe meningkatkan penawaran pembeliannya untuk perusahaan tersebut.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, saham perusahaan farmasi Belgia Galapagos anjlok lebih dari 13% setelah mitra AS Gilead memilih untuk tidak meminta persetujuan untuk obat rheumatoid arthritis, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik mengikuti tren positif bursa Wall Street dan bursa Asia Pasifik. Harapan kesepakatan perdagangan Brexit dan stimulus fiskal AS juga memberikan dukungan bagi bursa Eropa. Namun perlu dicermati lonjakan kasus virus corona, jika terus meningkat, dapat menekan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here