Rekomendasi GBP/USD 15 Januari 2020: Naik Jelang Pidato Powell & Biden

944

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan naik ke sekitar 1.3680. Pasar menantikan pidato dari Gubernur Federal Reserve Jerome Powell dan Biden. Optimisme akan kecepatan vaksinisasi di Inggris mengatasi kekuatiran mengenai perkembangan virus corona.

Kasus coronavirus di Inggris telah turun dari puncak ketinggiannya, memberikan harapan bahwa angka kematian yang sebelumnya mencetak rekor ketinggian, juga juga akan turun.

Selama ini Poundsterling/USD didorong naik dan ditarik turun oleh dua kekuatan yang berlawanan. Dorongan naik berasal dari perkembangan positip di Inggris dimana kampanye vaksin terus berlanjut dengan kecepatan penuh, dan berhasil mencapai 4.52% dari populasi penduduk di Inggris, angka tertinggi di dunia Barat. Terlebih lagi Inggris mulai membagikan vaksin di farmasi-farmasi pada hari Kamis, yang berpotensi mempercepat kecepatan vaksinisasi. Para investor melihat melampaui kesengsaraan sekarang ke masa depan. Semakin cepat suatu negara mengadakan vaksinisasi penduduknya, semakin cepat juga pemulihan ekonominya.

Di sisi lain, Biden bersiap mempresentasikan paket kelegaan yang baru senilai $2 triliun, lebih besar daripada yang diperkirakan. Akibatnya “return” hutang Amerika mengalami kenaikan dan pada gilirannya mendorong naik dolar AS.

Bola sekarang ada pada sidang pertemuan Federal Reserve. Apakah akan menambah pembelian obligasi yang bisa menekan turun “return” obligasi dan nilai dolar AS. Jerome Powell akan berbicara dan dia cenderung mau mengurangi dukungan bank sentral secara bertahap dengan ekonomi AS sudah kurang memerlukannya. Namun para koleganya di the Fed, kebanyakan menolak opsi mengurangi pembelian obligasi. Meskipun demikian, fokus kepada perkiraan yang optimis memberikan dukungan naik terhadap dolar AS.

Secara keseluruhan masih ada ruang untuk GBP/USD naik.

“Support” terdekat menunggu di 1.3566 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3468 dan kemudian 1.3317. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3705 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3768 dan kemudian 1.3810.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here