Pefindo: Update Pemeringkatan per Q4 Tahun 2020

109
Foto : Dokumentasi Vibiznews

(Vibiznews – Bonds and Mutual) Dalam press conference yang dilakukan secara virtual melalui Zoom, Selasa (19/01/2021), Pefindo memberikan update kinerja di Q4 tahun 2020 mengenai apa saja yang telah Pefindo lakukan.

Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Danan Dito menyampaikan bahwa dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2020 terdapat 49 pekerjaan dari Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan atau F1 Rating, dimana kita lihat lebih banyak peringkat perusahaan yang secara berkala Pefindo memberikan peringkat.

Pemantauan secara berkala ada 10, kesiapan jatuh tempo ada 16, peringkat perusahaan ada 19, pemantauan khusus ada 3 dan emisi ada 1. Namun untuk jumlah rating adalah 30 perusahaan, karena ada beberapa perusahaan dilakukan review lebih dari 1 kali.

Jika dilihat dari rating distribution sektor perbankan dan ultifinance maka jumlah portofolio perbankan adalah 46, termasuk 2 unsolicited, sedangkan portofolio multifinance  adalah 31, dengan 4 unsolicited. Sedangkan kalau dari segi peringkat, baik di sektor perbankan dan multifinance, cukup banyak yang masih kuat (A atau lebih   tinggi).

Secara finansial, yang paling terdampak adalah bagian profitabilitas, karena berkurangnya arus kas dari restrukturisasi, kenaikan biaya pencadangan, dan biaya pendanaan yang masih cukup tinggi untuk mempertahankan likuiditas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here