Pasar Global Mencermati Stimulus AS – Market Mover 20 January 2021

413

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global minggu ini diwarnai dengan sentimen harapan stimulus fiskal AS dan perkembangan kasus dan vaksin virus corona.

Mantan Ketua The Fed AS Janet Yellen, mendesak anggota parlemen AS untuk bertindak secara luas menyetujui paket stimulus besar untuk mangatasi pandemi virus corona, yang lebih besar manfaatnya daripada pembiayaan beban utang yang lebih tinggi. Hal ini meningkatkan optimisme pasar bahwa stimulus AS yang lebih besar akan terjadi.

Sementara itu berbagai negara terus melaksanakan vaksinasi kepada masyarakatnya. Namun di Eropa kondisi lockdown, seperti di Jerman yang memperpanjang masa pengunciannya membayangi sentimen di Eropa.

Bagaimana pengaruh sentimen tersebut bagi pasar global?

Dari pasar Forex, Dolar AS turun merespon optimisme stimulus AS. Sementara itu Euro menguat seiring meredanya gejala politik di Italia setelah Perdana Menteri Giuseppe Conte memenangkan pemungutan suara penting untuk tetap berkuasa. Sentimen peningkatan optimisme ekonomi Jerman juga menguatkan Euro.

Dari pasar Index, bursa saham global positif menyambut optimisme stimulus fiskal AS. Bursa Eropa juga terangkat meredanya ketegangan politik Italia dan meningkatnya sentimen ekonomi Jerman.

Dari pasar Komoditas, harga emas menguat dengan melemahnya dolar AS. Demikian juga harga minyak menguat terdukung harapan stimulus AS yang dapat meningkatkan permintaan minyak.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here