Pembangunan dan Perizinan Perumahan AS Meningkat Bulan Desember

172
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Property) Pembangunan dan perizinan perumahan AS meningkat pada bulan Desember karena suku bunga hipotek yang rendah secara historis mendukung pasar perumahan, tetapi momentum dapat melambat di tengah melonjaknya harga kayu dan kekurangan tenaga kerja.

Pembangunan awal rumah baru melonjak 5,8% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1.669 juta unit bulan lalu, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Kamis. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan awal akan naik ke tingkat 1.560 juta unit di Desember. Pembangunan rumah meningkat 5,2% dari tahun ke tahun. Jumlah awal 1,380 juta pada tahun 2020, naik 7,0% dari 2019.

Izin untuk pembangunan rumah di masa depan dipercepat 4,5% menjadi 1,709 juta unit di bulan Desember. Izin yang biasanya dimulai satu hingga dua bulan, berjumlah 1,452 juta tahun lalu, meningkat 4,8% dari 2019.

Pembangunan rumah keluarga tunggal, pangsa pasar perumahan terbesar, melonjak 12,0% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1,338 juta unit. Awal keluarga tunggal telah meningkat selama delapan bulan berturut-turut.

Meskipun pasar perumahan dan manufaktur tetap menjadi bintang ekonomi, pandemi COVID-19 yang terus berkembang, mengganggu ketersediaan tenaga kerja di lokasi konstruksi karena pekerja yang sakit tinggal di rumah.

Sebuah survei pada hari Rabu menunjukkan penurunan kepercayaan di antara para pembangun rumah keluarga tunggal pada bulan Januari. Pembangun mengeluh tentang kendala sisi penawaran terkait dengan kayu dan biaya material lainnya, kurangnya lahan yang terjangkau, dan kekurangan tenaga kerja yang menunda waktu pengiriman dan menekan harga rumah.

Harga kayu lunak melonjak 52,2% dari tahun ke tahun di bulan Desember, menurut data dari Departemen Tenaga Kerja.

Pasar perumahan didukung oleh hipotek yang lebih murah dan eksodus dari pusat kota ke pinggiran kota dan daerah kepadatan rendah lainnya karena perusahaan mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah dan sekolah beralih ke kelas online karena pandemi. Sekitar 23,7% angkatan kerja bekerja dari rumah. Para penerima upah rendah di sektor jasa telah menanggung beban terbesar dari krisis virus korona.

Izin bangunan keluarga tunggal meningkat 7,8% menjadi 1,226 juta unit di bulan Desember. Pembangunan rumah didukung oleh inventaris yang ramping, terutama untuk rumah yang sebelumnya dimiliki.

Suku bunga hipotek tetap 30 tahun adalah sekitar rata-rata 2,79%, menurut data dari lembaga keuangan hipotek Freddie Mac . Awal untuk segmen multi-keluarga yang mudah menguap jatuh 13,6% ke kecepatan 331.000 unit. Izin bangunan untuk proyek perumahan multi-keluarga turun 3,0% menjadi 483.000 unit.

Meningkatnya tingkat kekosongan sewa merupakan tantangan bagi pasar perumahan multi-keluarga. Pandemi ini juga membuat para penyewa pindah dari pusat kota ke apartemen pinggiran kota untuk mencari gaya hidup yang lebih terbuka.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here