Bursa Eropa Akhir Pekan Retreat Tertekan Lockdown dan Pelemahan Data Bisnis

299
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa mundur pada Jumat (22/01) memantau penguncian ketat akibat virus corona dan pelemahan data aktivitas bisnis zona Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 1%, dengan saham perjalanan dan rekreasi turun 1,9% memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama tergelincir ke wilayah negatif.

Indeks FTSE melemah -0,68%. Indeks DAX turun -0,67%. Indeks CAC merosot -1,14%.

Aktivitas bisnis di zona Eropa turun ke level terendah dua bulan pada Januari, data awal menunjukkan pada hari Jumat, di belakang penguncian yang lebih ketat terkait virus corona. Indeks komposit kilat Markit, yang melihat aktivitas di seluruh manufaktur dan jasa, turun menjadi 47,5 Januari dari 49,1 pada Desember, dengan pembacaan di bawah 50 mewakili kontraksi dalam aktivitas.

Saham Eropa mengikuti pelemahan bursa Asia-Pasifik, di mana pasar sebagian besar turun pada hari Jumat karena investor mengambil untung setelah sentimen yang kuat yang dipicu oleh harapan stimulus ekonomi AS.

Wall Street kembali mencatat rekor tertinggi Nasdaq dan S&P 500 pada hari Kamis, didukung lebih lanjut oleh indikasi musim pendapatan yang kuat untuk saham teknologi. Namun, saham berjangka AS mengarah ke pembukaan yang sedikit lebih rendah pada hari Jumat.

Dalam berita vaksin, Pfizer dan BioNTech telah setuju untuk memasok skema akses COVAX Organisasi Kesehatan Dunia yang ditujukan untuk negara-negara berpenghasilan rendah, Reuters melaporkan Kamis mengutip dua sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut.

Bank Sentral Eropa pada Kamis mempertahankan suku bunga stabil, tetapi mengatakan siap untuk bertindak sehubungan dengan pembatasan baru. Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan pandemi masih menimbulkan risiko serius terhadap ekonomi zona Eropa.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan pengiriman peralatan makan Jerman Hellofresh naik 4,5% untuk memimpin Stoxx 600, sementara grup teknik Siemens dan outlet media massa ProSiebenSat.1 masing-masing naik 4,3% dan 3,7% di awal perdagangan setelah mengalahkan ekspektasi pendapatan.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, operator perjalanan Anglo-Jerman Tui turun lebih dari 8%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah akibat penguncian ketat yang masih berlangsung akibat virus corona dan pelemahan data aktivitas bisnis zoa Eropa yang memicu kekhawatiran tekanan ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here