Rekomendasi GBP/USD 22 Januari 2021: Naik Karena Sentimen Yang Positip

1065
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD memperpanjang keuntungannya diatas 1.37 ke level tertinggi sejak 2018 dengan pasar bersemangat karena prospek lebih banyak stimulus yang akan digelontorkan oleh Biden. Pasar juga mengabaikan korban kematian virus corona di Inggris yang mencekam.

GBP/USD semula lompat ke puncak baru selama 32 bulan pada hari Rabu meskipun berjuang untuk bisa bertahan diatas 1.3700. Pergerakan naik ini didukung oleh melemahnya dolar AS dan selanjutnya mendapatkan dorongan tambahan dari rilis angka CPI inflasi konsumen Inggris yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Sterling juga mendapatkan keuntungan dari kampanye vaksin yang cepat dan menurunnya kasus Covid – 19 secara bertahap di Inggris. Namun demikian meskipun didukung banyak faktor, pasangan matauang ini gagal mengkapitalisir pergerakan naik diatas 1.3700 dan sebaliknya mengalami koreksi turun sekitar 100 pips dalam sehari.

Namun, kecenderungan dolar AS yang mengalami penurunan secara persisten membuat pasangan matauang GBP/USD kembali memperoleh keuntungan untuk sesi ketiga berturut-turut pada hari Kamis. Dolar AS tetap tertekan ditengah sentimen pasar yang dikuasai oleh “risk-on” oleh karena bertambahnya kemungkinan penambahan paket bantuan stimulus Biden sebanyak $1.9 triliun. Hal ini mengurangi kekuatiran akan jatuhnya ekonomi akibat naiknya kasus pandemic virus corona yang pada gilirannya mendorong pasar saham AS mencetak rekor ketinggian baru dan merusak permintaan akan dolar AS yang safe-haven.

“Support” terdekat menunggu di 1.3650 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3610 dan kemudian 1.3520. “Resistance” terdekat menunggu di 1.3730 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3810 dan kemudian 1.3856.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here