Bagaimana Menjadi WPPE ?

37402

(Vibiznews – Advetorial) – Anda bisa menjadi sales equity (stockbroker) atau wakil perantara pedagang efek (WPPE) yang melakukan fungsi pemasaran perdagangan saham perusahaan-perusahaan publik (yang sudah go public) yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Posisi sebagai sales equity adalah posisi yang sangat penting karena diharuskan untuk memberikan informasi dan analisa yang cukup kepada nasabah  sehingga nasabah dapat mengambil keputusan untuk  jual atau beli saham dengan basis keuntungan dan peranan ini dilakukan setiap hari.

Untuk dapat menyediakan informasi dan hasil analisa yang cukup dalam pengambilan keputusan yang membawa keuntungan bagi nasabah, memerlukan pelatihan-pelatihan khusus dan tentunya didukung pengalaman kerja (jam terbang Anda) .

Di Indonesia, OJK mengharuskan adanya ijin perorangan bagi para pelaku perorangan yang menjalankan profesi dibidang Pasar Modal Indonesia. Kelulusan ujian kecakapan profesi merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh ijin perorangan dari OJK di bidang WPPE.

Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (POJK Nomor 20/POJK.04/2018).

Efek yang diperjualbelikan dapat berupa surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek (UU No.8 Tahun 1995).

Kewajiban untuk memiliki izin WPPE berlaku bagi (POJK Nomor 20/POJK.04/2018) :

  1. Direktur yang bertanggung jawab atas kegiatan keperantaraan perdagangan Efek;
  2. Pegawai yang melakukan kegiatan pemasaran;
  3. Pegawai yang melakukan kegiatan manajemen risiko;
  4. Pegawai yang melakukan kegiatan sebagai pejabat yang membawahkan fungsi kepatuhan dan/atau audit internal; dan
  5. Pegawai yang melakukan kegiatan sebagai pejabat yang membawahkan fungsi analisis/riset perdagangan Efek,

dari Perusahaan Efek yang memiliki izin usaha untuk melakukan kegiatan usaha sebagai PPE.

Di Indonesia, Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal Indonesia (LSPPMI) adalah lembaga penguji yang bentuk oleh OJK yang mengemban tugas untuk melakukan pengujian kecakapan bagi pelaku Pasar Modal.

Langkah-langkah untuk menjadi sales equity (stockbroker), Anda harus memulainya dengan bekerja disebuah pekerjaan sekuritas dan pengalaman kerja menjadi sangat penting untuk mematangkan Anda

Rencanakan masa depan anda

  1. Dapatkan pendidikan yang cukup.

Agar lebih dapat bersaing dengan lebih baik pastikan Anda menguasai dengan baik  mata kuliah seperti matematika, keuangan, investasi dan pengelolaan keuangan. Selain itu penguasaan yang kuat pada pengetahuan mengenai mata kuliah tersebut juga akan memudahkan Anda untuk beriteraksi dengan calon klien dan yang paling penting adalah Anda dapat lulus ujian yang diwajibkan bagi Anda.

  1. Bekerja disebuah perusahaan sekuritas.

Perusahaan dimana Anda bekerja akan mensponsori anda untuk mendapatkan lisensi sebagai WPPE. Pengalaman bekerja disebuah perusahaan sekuritas akan menambah pengetahuan dan pengalaman kerja yang berguna nanti saat mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh LSPPMI .

Ada sekitar 109  perusahaan sekuritas di Indonesia, pilihlah yang mengedepankan edukasi bagi nasabah mereka dan yang juga menyiapkan professional Pasar Modal yang handal untuk melayani setiap nasabah mereka.

Ambillah kursus-kursus persiapan Ujian WPPE yang diadakan oleh pihak – pihak independen. Pada umumnya kursus tersebut akan membekali calon peserta ujian WPPE pengetahuan mengenai Pasar Modal Indonesia ditambah Analisa Teknikal dan Fundamental. Kursus berlangsung rata-rata selama 16 jam.

  1. Ikuti Ujian WPPE

Daftarkan diri Anda pada jadwal ujian yang sudah ditentukan sebelumnya oleh LSPPMI.

Angka kelulusan anda adalah 65, dan ujian biasanya berlangsung selama 2 jam dengan 100 soal. Ujiannya terdiri dari 5 topik yaitu Pengetahuan Tentang Saham

Secara lengkap sesuai (POJK Nomor 20/POJK.04/2018). seseorang dapat memperoleh ijin WPPE bila memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh yaitu :

  1. Lulus ujian yang diselenggarakan oleh LSPPMI
  2. Cakap melakukan perbuatan hokum
  3. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela dan atau dihukum karena terbukti melakukan tindak pidana di bidang hokum
  4. Memiliki akhlak dan moral yang baik
  5. Tidak pernah dinyatakan pailit yang dapat mengganggu kesanggupannya untuk melaksanakan tugas-tugasnya secara wajar dan jujur.

Ujian akan meliputi lima (5) bidang pembahasan utama dengan perkiraan persentase yang akan diuji untuk setiap bidang :

  1. Undang-undang Pasar Modal : 20%

    ( Undang-undang RI No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal beserta seluruh peraturan pelaksanaannya )

  1. Kode Etik : 20%
  2. Analis Keuangan / Keuangan Perusahaan : 23%
  3. Operasi dan Perdagangan Perantara Efek : 17%
  4. Pengetahuan Tentang Efek : 20%

Rencanakan masa depan anda dan raihlah kesempatan emas yang ditawarkan industri Pasar Modal Indonesia.

Referensi : idx.co.id

Penulis adalah COORDINATING PARTNER OF WEALTH PLANNING SERVICES di Vibiz Consulting Group, Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here