Rekomendasi EUR/USD 27 Januari 2021: Naik Ke Atas 1.2150 Karena Turunnya USD

1094
sumber gambar : teller report

(Vibiznews – Forex) EUR/USD lompat kembali keatas 1.2150 dengan saham – saham berbalik positip menjelang komentar mengenai stimulus fiskal AS, setelah sebelumnya berada pada posisi dibawah dengan kesediaan Biden untuk bernegosiasi mengenai rencana stimulus yang diajukannya yang berarti akan terjadi suatu penundaan. Keprihatinan terhadap pembagian vaksin juga membebani euro.

Kesediaan Biden untuk mendiskusikan rencana undang – undang stimulusnya senilai $1.9 triliun dengan Republikan dan menurunkan ruang lingkup paket final membuat para investor kuatir. Saham berada pada posisi dibawah dan dolar AS yang safe-haven mengalami kenaikan. Biden bersedia menurunkan nilai stimulus menjadi $1.4 triliun. Sementara pasar bisa menerima nilai sebesar $1.1 sampai $1.5 triliun, setiap penundaan menyebabkan kegelisahan pasar.

EUR/USD juga tertekan dengan perkembangan politik di Eropa. PM Itali Giuseppe Conte akan mengundurkan diri pada hari Selasa sebagai taktik sebelum membentuk pemerintahan yang baru. Ketidak stabilan politik selalu berdampak negatip.

Jerman dan Perancis sedang mempertimbangkan untuk memperketat restriksi karena naiknya kasus Covid – 19 di Eropa. Sementara Belanda mengalami demonstrasi dan bentrokan fisik dari para demonstran yang menolak lockdown yang berkepanjangan.

Para pemimpin Eropa bertambah frustrasi dengan tertundanya “supply” vaksin dari Pfizer dan Astra Seneca. Negara – negara di Eropa ketinggalan dalam hal vaksinisasi dibandingkan dengan Inggris dan AS.

Johnson and Johnson akan segera melaporkan fase ketiga dari uji coba vaksin Covid nya dengan data pendahuluan yang menjanjikan. Solusi satu kali suntikan ini bisa menjadi imunisasi keempat di Uni Eropa. Setiap perkembangan yang positip akan mendorong naik euro dan membebani dolar AS yang safe-haven.

“Support” terdekat menunggu di 1.2133 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2094 dan kemudian 1.1942. “Resistance” terdekat menunggu di 1.2190  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2247 dan kemudian 1.2350.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here