Harga Soft Commodities Naik kecuali Kakao, Review Penutupan Pasar hari Rabu

306

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada hari    Rabu 27 Januari 2021, Harga  bergerak mixed pada penutupan pasar dengan harga kopi Arabika  naik karena  produksi kopi Arabika di Brazil turun dan harga kopi Robusta juga naik, karena produksi kopi Robusta di Vietnam turun, Harga gula  naik, karena  kekeringan masih akan berlangsung lama di Brazil  dan harga kakao  turun  karena  penjualan coklat menurun.

Inilah penutupan pasar  pada hari  Rabu untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Maret di ICE New York naik $1 (0.80%)  menjadi $125.50 dan harga kopi Robusta di ICE London naik 0.08%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu naik tapi masih dibawah harga tertinggi 15 Januari, karena perkiraan Conab, produksi kopi Arabika di Brazil akan turun 35.7% ke jumlah terendah 12 tahun. Demikian juga harga kopi robusta juga naik karena perkiraan produksi Vietnam akan turun 10 -15% pada tahun ini.

Gula

Harga gula Maret di ICE New York naik 6 sen (0.38%) menjadi $15.80 dan harga gula Maret di ICE London naik 0.05%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu turun karena kekhawatiran bahwa cuaca kering masih akan berlangsung di Brazil setelah laporan dari Maxar kelembaban di Brazil akan dibawah rata-rata dalam waktu yang lebih lama.

Kakao

Harga kakao Maret di ICE New York turun $41 (1.61%) menjadi $2,504 per ton dan harga kakao Maret di ICE London turun 0.29%.

Pada pembukaan pasar hari Rabu harga kakao masih naik melanjutkan kenaikan harga pada hari Selasa karena persediaan sedikit, namun harga kakao ditutup turun setelah Laporan penjualan coklat. Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu  turun karena laporan  dari Barry Callebaut, pabrik kakao terkenal di dunia, bahwa penjualan coklat global turun 1.2 % dari September sampai Nopember 2020.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here