Pasar Global Mencermati Laporan Pendapatan Emiten dan Stimulus Fiskal – Market Mover 10 Februari 2021

631

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global minggu ini akan mencermati berbagai sentimen seperti perkembangan stimulus fiskal AS, perkembangan pandemi dan vaksinasi covid-19 dan laporan pendapatan perusahaan-perusahaan di bursa saham.

Laporan pendapatan perusahaan-perusahaan masih menjadi perhatian penting para investor. Hasil yang baik memberikan optimisme pemulihan ekonomi dan bisnis. Perusahaan-perusahaan di AS dan Eropa akan dicermati laporan pendapatannya seperti Coca Cola, General Motors, Siemens, Equionor dan lainnya.

Sementara itu stimulus fiskal AS masih dalam proses pembahasan di DPR dan Senat AS yang diperkirakan akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Pemerintah di banyak negara melakukan upaya vaksinasi untuk COVID-19, sambil memberlakukan paket stimulus besar untuk meningkatkan aktivitas ekonomi.

Bagaimanakah sentimen-sentimen tersebut mempengaruhi pasar perdagangan global?

Dari pasar forex, dolar AS diperdagangkan mendekati posisi terendah dua minggu karena permintaan untuk aset safe haven mereda, dengan pasar melihat ke depan untuk pemulihan yang diharapkan dari pandemi COVID-19 tahun ini, didorong oleh stimulus fiskal dan moneter besar-besaran.

Dari pasar index, bursa global terus mencermati laporan pendapatan emiten. Bursa Wall Street dan Asia menguat mencermati laporan pendapatan yang positif. Demikian bursa Eropa terpantau naik mencermati laporan pendapatan yang optimis.

Dari pasar commodity, harga emas menguat seiring pelemahan dolar AS dan harapan stimulus AS. Sedangkan harga minyak mencermati laporan pasokan mingguan AS dan pemotongan produksi OPEC yang dapat memberikan sentimen positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here