Hanya Harga Kopi Arabika yang Turun, Semua Harga Soft Commodities Naik, Review Penutupan Pasar

156

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada hari     Rabu 10  Februari 2021, Harga semua soft commodites  mengalami  kenaikan kecuali harga kopi Arabika yang turun, harga kopi Arabika turun karena meningkatnya curah hujan di Brazil dan  persediaan meningkat, sementara harga kopi Robusta masih naik karena persediaan kopi di Vietnam turun, harga gula  naik karena kenaikan harga minyak mentah, harga kakao  naik persediaan kakao di Ivory Coast turun.

Inilah penutupan pasar  pada hari    Rabu  untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Maret di ICE New York turun $1.85 (1.50%) menjadi $121.10 dan harga kopi Robusta naik 0.52%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu mixed dengan harga kopi Robusta naik ke harga tertinggi 3 ½ minggu karena produksi kopi Robusta di Vietnam turun 10 -15% pada tahun ini. Harga kopi Arabika turun karena persediaan yang dalam pengawasan ICE naik ke jumlah tertinggi 7 ¾ bulan dan curah hujan meningkat di Minas Gerais, perkebunan kopi terbesar di Brazil diatas rata-rata.

Gula

Harga gula Maret di ICE New York naik 27 sen (1.64%) menjadi $16.71 dan harga gula di London juga naik 0.90%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu naik ke harga tertinggi 3 ¾ tahun, karena kenaikan harga minyak mentah naik ke tertinggi 1 tahun dan produksi gula di Thailand turun dari 10 Desember – 4 Nopember turun 25% dari tahun lalu.

 Kakao

Harga kakao di ICE New York naik $961 (3.72%) menjadi $2,677 per ton dan harga gula Maret di ICE London naik 0.97%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Rabu meningkat sangat tinggi sampai mencapai harga tertinggi 1 ¾ bulan di New York dan di London mencapai harga tertinggi 3 minggu, karena pemerintah Ivory Coast menurunkan premium ekspor dari 70 pound menjadi discount 250 pound supaya penjualan kakao meningkat.  Namun kenaikan harga terbatas di London karena  kurs GBP/USD naik ke kurs tertinggi 2 ¾ tahun.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here