Harga Kopi dan Gula Meningkat, Review Penutupan Pasar Hari Selasa

147

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada hari   Selasa 16 Februari 2021, Harga mixed pada penutupan pasar dengan harga kopi Arabika naik akibat  penurunan penularan pandemi covid-19 di AS  sedangkan harga kopi Robusta juga naik  , Harga gula  naik produksi gula di Thailand turun, dan harga kakao  turun persediaan melimpah.

Inilah penutupan pasar   pada hari    Selasa  untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Maret di ICE New York naik $3.20 (2.64%) menjadi $124.35 dan harga kopi Robusta Maret naik 0.45%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Selasa naik, dengan harga kopi Arabika naik ke tertinggi satu minggu  karena turunnya penularan pandemi di AS, membuat permintaan kopi naik dan konsumsi akan meningkat karena lockdown akan dilonggarkans sehingga restoran dan cafe akan segera dibuka.

 Gula

Harga  gula Maret di ICE New York naik 35 sen (2.14%) menjadi $16.73 dan harga  gula Mei naik 0.02%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Selasa naik karena persediaan gula di Thailand, eksportir gula terbesar ke dua dunia sedikit. Thailand Office of Cane & Sugar Board melaporkan bahwa produksi gula Thailand di 2020/21 selama 10 Desember – 12 Februari turun 23% dari tahun lalu menjadi 5.5 MMT.

Kakao

Harga kakao Mei di ICE New York turun $5 (0.21%) menjadi $2,428 per ton dan harga kakao Mei di ICE London 1.02%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Selasa turun ke harga 3 bulan terendah dan harga kakao di London turun 1 bulan terendah. Persediaan kakao di Ivory Coast, produsen kakao terbesar melimpah sehingga harga kakao turun. Pemerintah Ivory Coast pada hari Senin melaporkan bahwa petani mengirim kakao ke pelabuhan dari 8 – 14 Februari naik 30% dari tahun lalu.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here