Pasar Global Dipengaruhi Penguatan Dolar AS – Market Mover 17 February 2021 by Asido Situmorang

344

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global dipengaruhi oleh pergerakan dollar AS yang menguat, terpicu lonjakan imbal hasil obligasi AS terdukung prospek pemulihan ekonomi lebih lanjut dan kemungkinan percepatan inflasi.

Pemulihan ekonomi seiring prospek stimulus fiskal AS yang besar dan pemulihan global yang memasuki tahap yang lebih solid karena peluncuran vaksin mengarah pada pembukaan kembali ekonomi.

Bagaimana pengaruh sentiment penguatan dollar AS dan pemulihan ekonomi global terhadap pasar perdagangan global?

Dari pasar forex, Indeks dolar AS menguat terhadap enam mata uang utama lainnya ke 90,68, rebound dari level terendah tiga minggu, seiring melonjaknya imbal hasil obligasi AS. Dolar AS menguat, mencapai level tertinggi empat bulan terhadap yen.

Dari pasar Index, menguatnya imbal hasil obligasi AS memicu kekhawatiran investor akan keluar dari pasar saham untuk berinvestasi di obligasi. Bursa Wall Street melemah, bursa Asia Sebagian besar turun dan bursa Eropa terpantau berada di zona merah.

Dari pasar komoditas, harga emas merosot tertekan penguatan dollar AS. Sedangkan harga minyak juga bergerak naik terpicu gangguan produksi di selatan AS dan pembatasan produksi OPEC.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here