Semua Harga Soft Commodities Naik Pada Penutupan Pasar Hari Kamis

197

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada hari     Kamis 18   Februari 2021, Harga Soft Commodities naik semua, harga kopi kembali mencapai rekor tertinggi 1 bulan, harga gula juga mencapai rekor tertinggi 3 ¾ tahun dan harga kakao juga naik.

Inilah penutupan pasar   pada hari Kamis   untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York naik $1.90 (1.49%) menjadi $129.30 dan harga kopi Robusta Maret di ICE London naik 22%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Kamis naik ke harga tertinggi 1 bulan pada hari Kamis, Persediaan kopi AS menurut the Green Coffee Association, turun 12.4%.

Perkiraan permintaan kopi diperkirakan akan meningkat, terjadi penurunan tingkat penularan dari virus covid-19 sehingga lockdown dilonggarkan dan akan membuat restoran dan cafe akan dibuka kembali. Rata-rata 7 hari peningkatan penderita covid -19 di AS turun ke terendah 3 ½ bulan.

Gula

Harga gula Maret di ICE New York naik 55 sen (3.24%) menjadi $17.51 dan Harga gula Mei di ICE London naik 2.09%

Harga gula pada penutupan pasar hari Kamis naik ke harga tertinggi 3 ¾ tahun, karena perkiraan persediaan gula global sedikit karena pembelian yang banyak mengurangi persediaan. Produksi gula di Thailand juga berkurang menurut Thailand Office of the Cane & Sugar Board hari Selasa produksi gula di Thailand 2020/21 dari 10 Desember – 12 Februari turun 23% dari tahun lalu menjadi 5.5 MMT.

Ekspor gula India di 2020/21 diperkirakan turun 25% dari 2019/20

Kakao

Harga kakao Mei di ICE New York naik $17 (0.72% ) menjadi $2,391 per ton dan harga kakao di ICE London tidak berubah.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis naik karena melemahnya indeks dollar AS, namun meningkatnya kurs GBP/USD maka kenaikan harga kakao dibatasi di London. Harga kakao naik dari penurunan harga selama beberapa hari lalu karena melimpahnya persediaan kakao.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here