Harga Soft Commodities Semua Naik Mencapai Rekor, Penutupan Pasar Hari Senin

206

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada hari      Senin 22   Februari 2021, Harga Soft Commodities naik semua dan mencapai rekor, harga kopi  Arabika mencapai rekor harga tertinggi  5 ½ bulan dan harga kopi Robusta mencapai rekor harga tertinggi 2 ½ bulan, harga gula  mencapai rekor harga tertinggi 3 ¾ tahun dan harga kakao  naik mencapai harga tertinggi 1 minggu

Inilah penutupan pasar   pada hari Senin   untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Mei di ICE New York naik $5.80 (4.49%) menjadi $134.95 dan harga kopi Robusta Maret di ICE London naik 3.57%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Senin naik tinggi sehingga harga kopi Arabika naik ke harga tertinggi 5 ½ bulan, dan harga kopi Robusta naik ke harga tertinggi 2 ½ bulan. Harga kopi naik karena faktor cuaca ekstrem, pada minggu lalu cuaca kering kembali melanda daerah perkebunan kopi terbesar di Brazil, Minas Gerais, sehingga menganggu pertumbuhan dari tanaman kopi , namun minggu yang akan datang curah hujan akan meningkat yang bisa berakibat banjir di perkebunan kopi.

Permintaan kopi kembali meningkat setelah penambahan penderita  covid-19 berkurang di AS akan menyebabkan lockdown dilonggarkan sehingga restoran & coffee shop akan dibuka kembali.

Gula

Harga gula Mei di ICE New York naik 55 sen (3.26%) menjadi $17.44 dan harga gula putih Mei di ICE London naik 1.45%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Senin naik ke harga tertinggi 3 ¾ tahun karena persediaan gula global turun membuat trader di pasar berjangka melakukan pembelian. Pengiriman gula di Brazil  ditunda   karena menunggu antrian yang panjang di pelabuhan Brazil akibat banyak sekali yang perlu dikirim, dan didahulukan pengiriman kedelai kejadian ini diperkirakan akan berlangsung sampai bulan Mei baru bisa kembali normal.

Cuaca buruk diperkirakan akan berlangsung di Brazil pada minggu depan, dimana hujan akan turun dengan deras sehingga dapat membuat banjir di ladang tebu dan merusak tanaman.

Kakao

Harga kakao Mei di ICE New York naik $47 (1.92%) menjadi $2,490 per ton dan harga kakao Mei di London naik 2.17%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Senin naik, harga kakao di New York naik ke harga tertinggi satu minggu dan harga kakao di London naik ke harga tertinggi 2 ½ minggu, karena tambahan penderita covid di AS berkurang mengakibatkan lockdown diperkirakan akan berakhir sehingga pembatasan traveling dilepaskan akan membuat permintaan coklat meningkat.

Indeks dolar AS turun ke kurs terendah 1 ¼ bulan pada hari Senin, mengakibatkan harga kakao naik.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here