Rekomendasi GBP/USD 23 Februari 2021: Bisakah Kenaikan Berlanjut?

1548
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) GBP/USD mempercepat kenaikannya setelah PM Inggris Boris Johnson memberikan garis besar dari rencana untuk melonggarkan lockdown di dalam empat Langkah. Sementara dollar AS terus melemah dengan turunnya saham.

Saat ini GBP/USD mengalami kenaikan ke 1.4084 karena melemahnya USD dengan kenaikan yields AS tidak membuat naik USD.

Bocoran yang didapat dari rencana pembukaan kembali ekonomi Inggris adalah PM Johnson akan bergerak dengan hati – hati yang hanya mengijinkan dua orang bertemu di coffee shop dalam dua minggu. Pergerakan yang sedemikian telah memicu respon “buy the rumor, sell the fact”.

Alasan yang diberikan atas keluarnya Inggris dari lockdown dengan perlahan, adalah bahwa hal ini akan membuat vaksinasi terhadap lebih banyak orang juga mengurangi kemungkinan akan terjadinya penutupan ekonomi berikutnya. Apakah hal ini bisa meyakinkan pasar? Pada saat ini, kurangnya keberanian dari Boris kelihatannya akan membuat hilangnya kekuatan pergerakan naik dari GBP/USD.

Apakah karena kampanye vaksin yang cepat atau karena lockdown secara nasional, yang jelas, ada penurunan tajam di dalam infeksi, rumah sakit dan kematian, sehingga menaikkan harapan akan kembalinya ke normal lebih cepat lagi.

GBP/USD juga bisa dibebani oleh kembali menguatnya dollar AS, yang berasal dari naiknya yields AS. Namun bisa juga dollar AS tidak terpengaruh naik dengan naiknya yields treasuries AS.  Ekspektasi akan lebih kuatnya pertumbuhan ekonomi AS – mungkin bahkan dipanasi oleh stimulus – mendorong investor pergi dari Treasuries AS. Sebegitu jauh, bank sentral telah melihatnya sebagai tanda yang sehat dari pemulihan. Namun, Jerome Powell bisa memberikan pandangan yang lain pada hari Selasa dimana dia akan memberikan testimoninya di Senat. Pasar sedang menunggu testimoni dari Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell mengenai kebijakan moneter AS di depan Komite Perbankan Senat pada hari Selasa.

Kelanjutan dari kenaikan GBP/USD tergantung dari dampak lebih lanjut dari pengumuman Boris Johnson dan Testimoni dari Jerome Powell yang kemungkinan akan berimbang.

“Support” terdekat menunggu di 1.3980 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3950 dan kemudian 1.3900. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4145 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4255 dan kemudian 1.4370.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here