Rekomendasi Minyak 23 Februari 2021: Berbalik Naik karena Melemahnya USD

252

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah kembali bersinar pada permulaan minggu yang baru dan mendorong West Texas Intermediate (WTI) kembali keatas rintangan kunci di $60.00.

Harga WTI naik ke level tertinggi dalam beberapa hari ke $61.06 dan merupakan kenaikan setelah mengalami koreksi penurunan dua kali berturut – turut.

Kenaikan dari harga minyak mentah WTI datang ditengah pelemahan yang persisten sedang menghantam dollar AS, sementara aktifitas di Texas diperkirakan kembali ke normal secara bertahap setelah mengalami perhentian produksi karena kondisi udara yang membeku secara ekstrim.

Di sisi lain, para trader minyak diperkirakan akan menggeser perhatian mereka ke pertemuan OPEC+ pada tanggal 4 Maret. Perkiraaan konsensus tetap cenderung ke arah berhati-hati  dengan kartel minyak terbesar di dunia ini bisa memutuskan untuk mulai memompa minyak ekstra ke pasar karena pemulihan yang tajam di dalam harga minyak mentah WTI belakangan ini.

Selain karena melemahnya dollar AS, kenaikan harga minyak WTI juga disebabkan oleh bertambahnya inflow ke ETF yang berbasis komoditi bersamaan dengan penurunan persediaan minyak mentah AS dari laporan minggu lalu, serta membekunya udara di Texas.

Pasar sedang menantikan laporan mingguan yang baru dari persediaan minyak mentah AS oleh API dan EIA yang akan keluar pada hari Selasa dan Rabu.

“Support” terdekat menunggu di $58.60 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $57.87  dan kemudian $56.36. “Resistance” yang terdekat menunggu di $62.25 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $65.62 dan kemudian $66.58.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here