Rekomendasi GBP/USD 24 Februari 2021: Naik Setelah Testimoni Powell

1631

(Vibiznews – Forex) GBP/USD diperdagangkan diatas 1.4050,  di sekitar 1.4112, melewati level tertinggi selama 35 bulan yang baru setelah testimoni Powell yang dovish dan yields AS turun dari ketinggiannya dan dengan demikian mendorong dollar AS turun. Upah Inggris naik 4.7% pada bulan Desember dan Klaim Pengangguran bulan Januari turun sebanyak 20.000, kedua-duanya lebih baik daripada yang diperkirakan.

Dolar AS mempercepat penurunannya dengan outlook Powell yang konservatif yang mengatakan bahwa kemajuan ekonomi yang substansial masih memerlukan waktu. Powell mengatakan bahwa ekonomi tetap masih jauh dari mencapai target inflasi dan employment.

Pelan-pelan, namun dengan penuh kepastian – itulah pesan dari PM Boris Johnson pada saat mempresentasikan rencana pembukaan kembali ekonomi Inggris yang Panjang. GBP/USD seperti mengkumandangkan perkataannya dengan berbaris naik keatas. Poundsterling mendekati 1.41 di dalam suatu rally yang tidak mengenal lelah.

Sementara para investor memilih untuk  lebih cepat kembali ke normalitas – khususnya dengan sudah turunnya statistik Covid – 19 dengan tajam – skema keluar dari restriksi karena Covid – 19 dengan berhati – hati diterima dengan baik oleh pasar, yang kelihatannya yakin bahwa lockdown sekarang ini adalah yang terakhir. Terlebih lagi, program keluar ini mendapatkan dukungan yang luas dari public, oposisi, komunitas medis dan juga dari Treasury Inggris, yang bersiap untuk memperpanjang skema cutinya.

Poundsterling juga mendapatkan dorongan naik dari angka pekerjaan. Sementara tingkat pengangguran pada bulan Desember naik ke 5.1% yang masih sesuai dengan yang diperkirakan, Di pihak lain, pertumbuhan upah bertambah cepat menjadi 4.7% per tahun dan angka pengangguran baru – baru ini turun sebanyak 20,000 pada bulan Januari, yang melebihi daripada yang diperkirakan.

Di pihak lain, obligasi AS mendapatkan permintaan yang baru, membuat turun yields obligasi dan juga mendorong dollar AS turun. Return atas Treasuries 10 tahun telah turun dari level 1.40%.

Pasar sedang menunggu testimoni dari Gubernur Federal Reserve AS Jerome Powell mengenai kebijakan moneter AS di depan Komite Perbankan Senat pada hari ini.

Secara keseluruhan, Sterling memiliki alasan untuk naik dan dollar AS juga mendapatkan tekanan turun dari Powell.

“Support” terdekat menunggu di 1.4050 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.3980 dan kemudian 1.3950. “Resistance” terdekat menunggu di 1.4145 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.4255 dan kemudian 1.4370.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here