Bursa Eropa Naik Seiring Mundurnya Imbal Hasil Obligasi AS

212
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (02/03), seiring mundurnya imbal hasil obligasi AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,4%, dengan konstruksi dan material naik 0,9% sementara saham minyak dan gas turun 0,9% karena melemahnya harga komoditas.

Indeks FTSE naik 0,7%. Indeks DAX meningkat 0,56%. Indeks CAC menguat 0,65%.

Namun, indeks saham berjangka utama AS diperdagangkan lebih rendah dalam perdagangan pra-pasar Selasa, setelah S&P 500 menguat lebih dari 2% selama jam perdagangan reguler untuk hari terbaiknya sejak Juni. Saham di Asia-Pasifik juga diperdagangkan beragam pada hari Selasa.

Imbal hasil Treasury 10-tahun AS turun di sekitar 1,4394% pada pertengahan pagi di Eropa pada hari Selasa, setelah menelusuri kembali beberapa penurunan sebelumnya.

Di sisi data, inflasi zona Eropa tetap stabil di bulan Februari, naik 0,2% bulan ke bulan sejalan dengan ekspektasi analis, menurut perkiraan singkat dari Eurostat Selasa.

Pendapatan tetap menjadi pendorong pergerakan harga saham individu, dengan HelloFresh, Man Group, Travis Perkins, Taylor Wimpey dan Hotel Chocolat di antara mereka yang melaporkan sebelum bel.

Pabrikan Jerman Kion Group naik 6,8% untuk memimpin Stoxx 600 pada perdagangan sore hari sementara Hellofresh turun 3% ke bagian bawah indeks, menyusul laporan pendapatan masing-masing setahun penuh.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik seiring menurunnya imbal hasil obligasi AS, yang meningkatkan kembali permintaan ekuitas. Stabilnya data inflasi zona Eropa juga memberikan harapan perbaikan ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here