Harga Minyak Berbalik Positif Mengabaikan Ekspektasi Peningkatan Produksi OPEC

193

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berbalik positif pada hari Selasa (02/03), meskipun ekspektasi bahwa produsen utama akan setuju untuk menaikkan pasokan minyak dalam pertemuan minggu ini membebani sentimen.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 28 sen, atau 0,46% menjadi $ 60,92 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 22 sen, atau 0,35% pada $ 63,91 per barel.

Keduanya sempat menyentuh level terendah dalam lebih dari 6 hari, memperpanjang kerugian yang dimulai akhir pekan lalu.

Harapan bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, akan meningkatkan produksi minyak mulai April mendorong harga lebih rendah.

Kelompok itu bertemu pada hari Kamis dan dapat membahas kemungkinan sebanyak 1,5 juta barel per hari (bpd) minyak mentah kembali ke pasar.

Produksi minyak OPEC turun pada Februari karena pemangkasan sukarela oleh Arab Saudi ditambahkan ke pengurangan yang disepakati di bawah pakta OPEC + sebelumnya, sebuah survei Reuters menemukan, mengakhiri kenaikan tujuh bulanan berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih bergerak naik. Namun perlu dicermati sentimen bearish ekspektasi peningkatan produksi OPEC yang dapat menekan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 60,46-$ 60,09. Namun jika naik, harga akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 61,19-$ 61,55.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here