Harga Biji-Bijian Semua Naik Pada Penutupan Pasar Hari Selasa

439

(Vibiznews – Commodity) – Di Bursa Chicago Grain Exchange pada hari Selasa 2 Maret, harga biji-bijian semua naik , harga jagung naik karena lambatnya progress penanaman, harga kedelai naik karena lambatnya panen di Amerika Selatan dan harga gandum naik menurunnya hasil panen di Australia dan Uni Eropa.

Penutupan Pasar pada Hari Selasa untuk Biji-bijian:

Jagung
Harga jagung Mei di CBOT naik 6.6 sen menjadi $5.45 per bushel.

Harga jagung naik pada penutupan pasar hari Selasa karena adanya laporan harian ekspor jagung ke Jepang sebesar 175,000 MT untuk pengiriman 2021/22.
Laporan progress penanaman di Texas jagung sudah ditanam 3% dari total area, masih dibawah rata-rata 7 %, penundaan penanaman karena cuaca dingin di bulan Februari.

Kedelai

Harga kedelai Mei di CBOT naik 21.2 sen menjadi $14.124 per bushel, harga soymeal Mei naik $3.4 menjadi $421.7 per ton dan harga minyak kedelai naik 43 sen menjadi $49.66.

Harga kedelai dan produknya mengalami kenaikan pada hari Selasa karena perkembangan dari panen di Amerika Selatan yang melambat dan perluasan dari area penanaman di AS laporan surveynya dinantikan pasar dan baru akan diumumkan pada akhir Maret ini.

Gandum
Harga gandum Mei naik pada penutupan pasar hari Selasa di CBOT 16 sen menjadi $6.662 per bushel.

Hasil panen gandum di Australia menurut ABARES sebesar 25 MMT, turun 25% dari tahun lalu karena cuaca kering dan pengaruh dari cuaca La Nina.

Akumulasi total ekspor gandum Uni Eropa sebesar 17.56 MMT (65% dari perkiraan USDA) sampai 28 Februari, turun 18.2% dari panen sebelumnya. Hasil panen gandum di Australia menurut perkiraan USDA-WAOB di bulan Februari turun 29.7% dari perkiraan total panen setahun .

Jepang membuat pesanan melalui tender sebesar 82,937 MT gandum, Aljazair memesan melalui pasar Internasional melalui tender sebesar 50k MT dan Pakistan juga memesan melalui tender sebesar 300,000 MT.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here