Rekomendasi EUR/USD 3 Maret 2021: Berbalik Naik dengan Turunnya USD

1206
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Forex) EUR/USD diperdagangkan naik dari posisi rendahnya di 1.20, melewati level 1.2050 ke 1.2070 dengan melemahnya yield treasury AS dan jatuhnya saham mendorong turun dollar AS.

Apakah kenaikan yields obligasi baik atau buruk? Jawabannya tergantung respon dari bank sentral masing – masin negara dan inilah yang membuat perbedaan bagi EUR/USD.

The Fed melihat kenaikan yields hutang AS jangka Panjang sebagai tanda dari pertumbuhan ekonomi yang menguat dan lebih mengkuatirkan 10 juta orang Amerika yang pengangguran.

Sebaliknya, ECB semakin bertambah kuatir dengan naiknya yields di obligasi pemerintah Eropa dan siap untuk bertindak jika aksi jual obligasi menghantam kondisi keuangan.

Jika imbal hasil dari hutang AS lebih tinggi daripada yang ada di Eropa maka ada ruangan bagi EUR/USD untuk turun.

      Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Terlebih lagi, situasi ekonomi di kedua benua juga berbeda. ISM PMI manufaktur AS naik ke 60.8 pada bulan Februari. Kenaikan terjadi di komponen inflasi dan employment yang memberikan signal kuatnya laproan NFP pada hari Jumat yang akan datang. Hal ini terjadi bahkan sebelum stimulus fiscal AS senilai $1.9 triliun keluar.

Sementara itu Jerman masih berencana untuk memperpanjang lockdown sampai tanggal 28 Maret dan Perancis juga sedang mempertimbangkan restriksi yang baru. Sementara vaksinasi di Eropa berjalan lambat dan baru mencapai 5% dari populasi, di Amerika Serikat vaksinasi telah mencapai 15% dari populasi dan sedang bergerak dengan cepat.

Secara keseluruhan, ada ruang bagi EUR/USD untuk turun.

“Support” terdekat menunggu di 1.2020 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.20 dan kemudian 1.1950.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.2110 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.2150 dan kemudian 1.2180.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here