Kenaikan Imbal Hasil Treasury AS Menekan Pasar Global – Market Mover 4 Maret 2021

305

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global hari ini dipengaruhi oleh sentimen peningkatan imbal hasil Treasury AS. Imbal hasil Treasury AS naik semalam karena investor menyambut baik berita positif tentang peluncuran vaksin.

Imbal hasil Treasury 10-tahun AS naik menjadi 1,47% . Imbal hasil Treasury AS melonjak ke level tertinggi 1,6% minggu lalu, dalam sebuah langkah digambarkan sebagai lonjakan cepat yang memicu kekhawatiran akan valuasi saham dan potensi kenaikan inflasi.

Bagaimanakah pengaruh sentimen kenaikan imbal hasil Treasury AS ini bagi pasar global?

Dari pasar forex, Dolar AS mencapai level tertinggi tujuh bulan terhadap yen pada Kamis karena kenaikan dalam imbal hasil Treasury AS yang memberikan dukungan menjelang pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang dapat menentukan tren pasar obligasi dan mata uang global. Dolar AS juga diperdagangkan mendekati level tertinggi tiga bulan terhadap franc Swiss

Dari pasar index, bursa Asia Pasifik hari ini melemah mengikuti bursa Wall Street yang tertekan peningkatan imbal hasil Treasury AS. Bursa Eropa juga diperkirakan melemah mengikuti bursa Wall Street dan bursa Asia Pasifik.

Dari pasar komoditas, harga emas bergerak lemah tertekan penguatan dolar AS dan imbal hasil Treausry AS. Sedangkan harga minyak bergerak naik terdukung harapan OPEC tidak jadi meningkatkan produksi dan penurunan pasokan bahan bakar AS, namun kenaikan dibatasi oleh penguatan dolar AS.

Sentimen imbal hasil Treasury AS ini jika terus meningkat dapat menekan pasar global, namun jika turun dan terdapat sentimen positif lain seperti peluncuran vaksin, optimisme ekonomi, maka akan menguatkan pasar global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here