Harga Gula Naik Tetapi Harga Soft Commodities Lainnya Turun, Penutupan Pasar hari Kamis

257

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari Kamis 4 Maret 2021, Harga Soft Commodities mixed, harga kopi Arabika turun melanjutkan penurunannya dan harga kopi Robusta juga turun, karena peningkatan persediaan kopi global , harga gula naik karena mengikuti kenaikan harga minyak mentah dan harga kakao turun karena menguatnya indeks dolar AS.

Inilah penutupan pasar pada hari Kamis untuk soft commodities :

Kopi
Harga kopi Arabika Mei di ICE New York turun 65 sen (0.49%) menjadi $132.15 dan harga kopi Robusta di ICE London turun 1.40%.

Harga kopi pada penutupan pasar hari Kamis melanjutkan penurunnya ke harga 1 minggu terendahnya. Karena melimpahnya persediaan kopi, menurut the National Federations of Coffee Growers ekspor kopi Arabika Colombia naik 18% dari tahun lalu dan juga ICO melaporkan hari Senin bahwa ekspor kopi global dari Oktober sampai Januari naik 3.7%.

Gula
Harga gula Mei di ICE New York naik 12 sen (0.74%) menjadi $16.26 dan harga gula putih Mei di ICE London naik 0.87%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Kamis kembali naik karena mengikuti kenaikan harga dari minyak mentah, harga gula di New York naik dari harga terendah 2 minggunya, karena kenaikan dari harga minyak mentah 4% sehingga mencapai harga tertinggi 14 bulan.

Kakao
Harga kakao Mei di ICE New York turun $32 (1.20%) menjadi $2,625 per ton dan harga kakao Mei di ICE London turun 0.50%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis turun karena menguatnya indeks dolar AS ke kurs tertinggi 3 bulan sehingga terjadi profit taking di pasar kakao berjangka. Harga kakao pada hari Kamis turun dari harga tertinggi 3 bulan di hari Rabu.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here