Harga Minyak Melonjak Pasca OPEC Tidak Meningkatkan Pasokan

355

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak melonjak pada Jumat (05/03), setelah OPEC dan sekutunya setuju untuk tidak meningkatkan pasokan pada April karena mereka menunggu pemulihan yang lebih baik dalam permintaan saat pandemi virus corona.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik $1,69, atau 2,65% menjadi $ 65,52.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik $1,90, atau 2,85% menjadi $ 68,64 per barel.

Kedua kontrak melonjak lebih dari 4% pada hari Kamis setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC +, memperpanjang pembatasan produksi minyak hingga April, dengan sedikit pengecualian ke Rusia dan Kazakhstan.

Harga minyak biasanya turun ketika dolar naik karena dolar yang lebih tinggi membuat minyak lebih mahal untuk pembeli dengan mata uang lain.

Investor terkejut bahwa Arab Saudi telah memutuskan untuk mempertahankan pemotongan sukarela sebesar 1 juta barel per hari hingga April bahkan setelah harga minyak naik selama dua bulan terakhir.

Analis sedang meninjau perkiraan harga mereka untuk mencerminkan berlanjutnya pembatasan pasokan oleh OPEC + serta produsen serpih AS, yang menahan pengeluaran untuk meningkatkan pengembalian kepada investor.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak naik setelah OPEC dan sekutunya setuju untuk tidak meningkatkan pasokan pada bulan April. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,03-$ 66,50. Namun jika turun, harga akan bergerak dalam kisaran Support $ 65,26-$ 65,03.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here