NFP Februari AS Melonjak; Tingkat Pengangguran Turun

476

(Vibiznews – Economy & Business) Proses rekrutmen melonjak pada Februari karena aktivitas ekonomi AS meningkat di tengah penurunan progresif dalam kasus Covid-19 dan pelaksanaan vaksin yang memberikan harapan untuk pemulihan ekonomi.

Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Jumat melaporkan bahwa non farm payrolls melonjak 379.000 untuk bulan tersebut dan tingkat pengangguran turun menjadi 6,2%. Itu dibandingkan dengan ekspektasi 210.000 pekerjaan baru dan tingkat pengangguran tetap stabil dari tingkat 6,3% di Januari.

Pertumbuhan lapangan kerja telah mendatar selama dua bulan terakhir di tengah meningkatnya kasus dan pembaruan penutupan yang diberlakukan pemerintah selama musim dingin. Namun, sebagian besar indikator ekonomi terus meningkat, dan pertumbuhan PDB kuartal pertama diperkirakan akan melampaui ekspektasi sebelumnya untuk lingkungan yang datar atau hanya sedikit lebih baik.

Pejabat Federal Reserve telah mengamati angka pekerjaan dengan cermat tidak hanya untuk pertumbuhan gaji secara keseluruhan dan penurunan tingkat pengangguran tetapi juga untuk luasnya pemulihan pekerjaan.

Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali sikap itu pada Kamis, mengatakan dia tidak memperkirakan ekonomi AS mencapai tujuan bank sentral tahun ini.

Terlepas dari kenaikan Februari, pasar pekerjaan masih harus dipulihkan, dengan jutaan pekerja yang terlantar akibat pandemi masih mencari pekerjaan. Indikator terbaru menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan terus meningkat, tetapi masih pada tingkat yang jauh di bawah apa yang dibutuhkan untuk pemulihan penuh.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here