Sentimen Naiknya Yields Obligasi Kembali — Domestic Market Outlook, 8-12 March 2021 by Alfred Pakasi

361

(Vibiznews – Editor’s Note) – Pasar investasi domestik pada minggu lalu diwarnai dengan sejumlah isyu, di antaranya:

  • Naiknya kembali yield obligasi (Treasury) AS yang menekan bursa saham global, termasuk IHSG serta mata uang rupiah.
  • Cadangan devisa dilaporkan BI meningkat lagi ke angka rekor tertingginya per Februari.

Untuk korban virus di Indonesia, berita resmi terakhirnya, sudah sekitar 1,368 ribu orang terinfeksi, 1,182 ribu sembuh, dan 37 ribu lebih orang meninggal.

Minggu berikutnya, isyu antara perkembangan pandemi virus corona, prospek pemulihan ekonomi dalam dan luar negeri akan kembali mewarnai pergerakan pasar. Seperti apa dinamika pasar hari-hari ini? Berikut detail dari Vibiznews Domestic Market Review and Outlook 8-12 March 2021.

===

Minggu lalu IHSG di pasar modal Indonesia terpantau menguat di minggu kelimanya dengan pergerakan yang fluktuatif dan terkoreksi di 2 hari terakhir. Sementara itu, bursa kawasan Asia umumnya melemah. Secara mingguan IHSG ditutup menguat 0.27%, atau 16.954 poin, ke level 6,258.750. Untuk minggu berikutnya (8-12 Maret 2021) -dengan libur pada hari Kamis, IHSG kemungkinan di sekitar rentang konsolidasi 4 minggu terakhirnya dengan bias menguat, dengan tetap mengacu kepada fundamental bursa kawasan. Secara mingguan, IHSG berada antara resistance level di 6,394 dan kemudian 6,505, sedangkan support level di posisi 6,173 dan kemudian 6,018.

Mata uang rupiah terhadap dollar AS pekan lalu terpantau melemah di minggu ketiganya di bawah posisi 4 bulan terendahnya, sementara dollar global bullish, sehingga rupiah secara mingguannya berakhir melemah 0.28% ke level Rp 14,300. Kurs USD/IDR pada minggu mendatang diperkirakan akan masih perlahan naik, atau kemungkinan rupiah melemah mencari keseimbangan baru, dalam range antara resistance di level Rp14,345 dan Rp14,440, sementara support di level Rp14.105 dan Rp14.020.

Harga obligasi rupiah Pemerintah Indonesia jangka panjang 10 tahun terpantau fluktuatif dan lanjut turun secara mingguannya, terlihat dari pergerakan fluktuatif yields obligasi dan berakhir naik ke 6,625% pada akhir pekan. Sementara yields US Treasury kembali menanjak dengan koreksi di akhir pekan.

===

Bank Indonesia merilis posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2021 sebesar 138,8 miliar dolar AS, meningkat dari  posisi pada akhir Januari 2021 sebesar 138,0 miliar dolar AS. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor. Ini juga merupakan rekor tertinggi pencapaian cadangan devisa sepanjang sejarah kita.

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Februari 2021 ini terutama dipengaruhi oleh penarikan pinjaman pemerintah dan penerimaan pajak.

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai positif sinergi kebijakan di Indonesia dalam menghadapi pandemi, yang mencakup kebijakan pengendalian pandemi di sektor kesehatan, kebijakan stimulus fiskal, kebijakan moneter akomodatif, pelonggaran kebijakan makro dan mikroprudensial, serta kebijakan burden sharing Bank Indonesia dengan Pemerintah. Secara umum Dewan Direktur IMF memandang bauran kebijakan ditempuh secara kuat dan cepat oleh otoritas Indonesia sehingga dapat menopang pemulihan ekonomi.

Perbaikan sejumlah indikator ekonomi menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia sedang bergerak ke arah pemulihannya di tahun 2021 ini.

===

 

Variasi pasar konsisten menampakkan dirinya belakangan ini. Sejumlah pasar agak fluktuatif, tapi ada juga indeks USD yang rally, sementara prospek pemulihan ekonomi global masih rentan. Gejolak pasar kalau kita perhatikan bisa berbentuk volatilitas yang tinggi pada satu periode, dapat juga berupa gelombang naik turun dalam irama yang diwarnai dengan ketidakpastian di periode waktu yang lainnya. Memang demikian situasi dan kondisi pasar. Untuk ambil keuntungan terhadap pasarnya, nampaknya, kitalah yang harus menambahkan pengetahuan dan keahlian (skill) dalam berinvestasi. Bagaimanapun, tidak ada salahnya sama sekali seseorang untuk menambah pengetahuan dan skill. Itu suatu bentuk investasi tersendiri juga. Untuk itu, Anda dapat belajar bersama vibiznews.com. Terimakasih telah tetap bersama dengan kami, partner sukses investasi Anda, pembaca setia Vibiznews!

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here