Bank Indonesia Raih Penghargaan Sebagai Pengelola Cadangan Devisa Terbaik

144

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Bank Indonesia tidak hanya berhasil melewati krisis Covid-19, tetapi melakukannya sambil meningkatkan cadangan devisa ke rekor tertinggi baru yaitu $ 138 miliar pada Januari 2021. Portfolio sekarang mewakili sekitar 12,5% dari PDB, dan dapat membiayai 10 bulan impor – jauh di atas standar kecukupan minimum tiga bulan internasional. Sementara cadangan turun pada kuartal pertama tahun 2020, cadangan devisa tetap relatif stabil setiap tahun, tumbuh sebagai bagian dari tren kenaikan bertahap jangka panjang.

Itu sebabnya Bank Indonesia meraih penghargaan Reserve Manager of The Year dari Central Banking Publications (CBP). Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan dalam mengelola cadangan devisa sehingga dapat menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah di tengah pandemi Covid-19. Capaian Bank Indonesia dalam penghargaan ini tidak terlepas dari perubahan pendekatan yang menjadi lebih mutakhir (sophisticated) melalui pengelolaan portofolio cadangan devisa dual tranche1 dengan berbagai aset dan mata uang, demikian dilansir dari Bank Indonesia.

Menanggapi pemberian penghargaan tersebut, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa pencapaian tersebut mencerminkan reformasi yang menempatkan kerangka pengelolaan cadangan devisa baru sebagai bagian integral dari bauran kebijakan Bank Indonesia. Kebijakan stabilisasi nilai tukar dalam bauran kebijakan ini memainkan peran kunci dalam membalikkan depresiasi mata uang dengan cepat sambil mempertahankan tingkat cadangan devisa selama menghadapi guncangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat pandemi Covid-19 pada paruh pertama tahun 2020.

              Silahkan klik untuk join

Reserve Manager of The Year merupakan salah satu kategori dari Central Banking Award yang bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pencapaian kinerja yang luar biasa baik bagi kategori individu maupun lembaga dalam komunitas bank sentral. Award tersebut diselenggarakan oleh CBP yaitu lembaga publikasi yang memfokuskan pada pembahasan kebijakan publik dan pasar keuangan, dengan penekanan pada bank sentral, lembaga keuangan internasional, serta infrastruktur dan regulasi pasar keuangan. CBP telah berdiri sejak 1990 dan melayani komunitas lebih dari 140 bank sentral. Pada tahun sebelumnya, penghargaan Reserve Manager of the Year diraih oleh Swiss National Bank.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting
Editor : Asido Situmorang

 

 

 

 

 

B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here