Bursa Eropa Bergerak Rendah Menjelang Keputusan Kebijakan The Fed

476
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih rendah pada Rabu (17/03) dengan investor global menantikan hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,3% pada awal perdagangan, dengan sumber daya dasar dan saham ritel keduanya turun 1,3% untuk memimpin kerugian sementara otomotif terus rally, naik 1,4%.

Indeks FTSE turun -0,28%. Indeks DAX datar. Indeks CAC melemah -0,2%.

Pasar Eropa mengikuti kehati-hatian di bursa Asia-Pasifik, di mana pasar berakhir beragam karena investor menunggu hasil dari pertemuan kebijakan dua hari Fed. The Fed akan merilis perkiraan ekonomi dan suku bunga, yang dapat menunjukkan bahwa pejabat bank sentral akan menaikkan suku bunga pada atau bahkan sebelum 2023.

The Fed diharapkan untuk mengakui pertumbuhan yang lebih kuat, yang seharusnya membuat pelonggaran kebijakan Fed menjadi sorotan, terutama mengingat $ 1,9 triliun baru dalam pengeluaran stimulus federal. Investor juga akan mendengar pernyataan dari Ketua Fed Jerome Powell, yang kemungkinan akan mengguncang pasar saham dan obligasi dengan komentarnya.

Harga minyak juga menjadi fokus setelah turun pada Selasa, karena para pedagang khawatir tentang pemulihan permintaan bahan bakar. Itu terjadi setelah lebih banyak negara Eropa menangguhkan penggunaan vaksin Covid dari Universitas Oxford dan produsen obat AstraZeneca, yang menyiratkan pemulihan ekonomi dari pandemi berpotensi tertunda.

Para ahli telah memperingatkan bahwa penangguhan, karena kekhawatiran atas kemungkinan terkait dengan laporan pembekuan darah di beberapa kasus orang yang divaksinasi, dapat memiliki konsekuensi yang luas.

Organisasi Kesehatan Dunia dan Badan Obat Eropa sedang melakukan tinjauan keamanan vaksin, dengan hasil yang diharapkan segera, tetapi bersikeras bahwa data yang tersedia menunjukkan vaksin itu aman dan manfaatnya lebih besar daripada risikonya, sementara dampak pandemi masih akut di Eropa. .

Penghasilan pada hari Rabu berasal dari Munich Re, sementara BMW merilis laporan tahunannya. Saham BMW naik 4,1% setelah menyatakan akan melihat pertumbuhan laba yang signifikan tahun ini.

Saham Volkswagen melanjutkan kenaikan pada hari Selasa untuk menambah 4,9% lebih lanjut di awal perdagangan setelah memperkirakan pengiriman dan pertumbuhan pendapatan pada merek intinya pada tahun 2021. BT juga naik lebih dari 4%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan listrik Austria Verbund turun 5,2% setelah memperkirakan penurunan laba untuk tahun 2021.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here