Harga Gandum di Uni Eropa Turun ke Harga Terendah 1 Bulan

256

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum pada penutupan pasar hari Selasa di Uni Eropa turun ke harga terendah 1 bulan karena laporan pertumbuhan gandum AS membaik, namun penurunan terhenti karena permintaan gandum Perancis naik.

Harga gandum Mei di Euronext turun 1.50 Euro atau 0.7% menjadi 221,50 Euro ($263.34) perton, harga gandum sempat mencapai harga 220 Euro per ton harga terendah sejak 15 Februari dan masih dibawah harga terendah 1 bulan pada hari Senin.

Sedangkan harga gandum Mei di CBOT naik 2 sen menjadi $6.1913 per bushel.

Perkiraan hasil panen gandum di Uni Eropa sebesar 5.89 MT/Ha naik dari 5.7 MT pada musim sebelumnya menurut MARS, terjadi perubahan dari produksi gandum Uni Eropa pada tahun 2020 yang turun ke jumlah terendah 8 tahun, turun 5% dari rata-rata karena kekeringan.

Ekspor gandum di Eropa Barat berkurang karena tawaran gandum Rumania dan Rusia kepada Mesir, dan Rusia juga menaikkan pajak ekspornya dua kali lipat menjadi 50 Euro per ton.

Menteri Pertanian Rusia akan menghentikan pembatasan penjualan gandum setelah harga gandum di Rusia stabil, hal ini membuat terjadinya spekulasi pasar dimana para trader memperkirakan tidak mungkin terjadi pembebasan pembatasan penjualan dari Rusia pada waktu dekat.

Di Jerman panen gandum musim semi di 2021 ini akan meningkat karena cuaca dingin di musim dingin tidak membuat kerusakan   pada tanaman gandum, akibatnya panen diperkirakan akan meningkat.

Tender Mingguan pesanan gandum dari Jepang sebesar 135,603 MT dan tender Pakistan ke pasar Internasional sebesar 300k MT.

Pakistan menawarkan tender untuk membeli gandum 300,000 ton di harga $285.97 per ton untuk pengiriman Agustus, sedangkan harga terendah yang di tawarkan oleh Trading House Dreyfus sebesar $323.97 per ton.

The Trading Corporation of Pakistan (TCP) masih memikirkan tawaran harga tersebut sampai saat ini belum melakukan pembelian. TCP mencari gandum untuk lima kali pengiriman di April, Mei, Juni, Juli dan Agustus 2021.

Analisa tehnikal untuk gandum di CBOT dengan support pertama di $6.36 kemudian lanjut ke $6.26 sedangkan resistant pertama di $6.58 dan berikut ke $6.69.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here