Harga Kedelai Pada Akhir Minggu Naik Karena Pembelian Tehnikal

320

(Vibiznews – Commodity) – Harga kedelai pada penutupan pasar hari Jumat naik dari penurunan pada hari sebelumnya karena pembelian tehnikal.

Harga kedelai Mei di CBOT pada penutupan pasar hari Jumat 19 Maret 2021 naik 24 sen (1.72%) menjadi $14.16 per bushel, harga soymeal naik $9.7 (2.44%) menjadi $407.90 per ton dan harga minyak kedelai naik 35 sen (0.65%) menjadi $53.87. Harga kedelai pada seminggu ini naik 0.2% kenaikan yang ke lima dari enam minggu berturut-turut.

Laporan Ekspor Mingguan dari USDA pada hari Kamis untuk kedelai yang dipesan dari persediaan lama sebesar 202,406 MT sampai 11 Maret, turun 66% dari minggu lalu tapi masih dalam range perkiraan, Untuk penjualan ekspor dari persediaan baru tidak ada.
Untuk soymeal ekspor mingguan sebesar 234,635 MT dipesan sampai 11 Maret, ada pembatalan 333 MT dari pesanan 2021/22 dan Laporan ekspor mingguan untuk minyak kedelai sebesar 19,081 MT.

Laporan penjualan ekspor berkurang karena permintaan pembelian kembali ke Amerika Selatan, terutama Brazil karena menurunkan harga untuk pembelian FOB dan pembelian kedelai untuk diekspor banyak dilakukan di Argentina.

Harga kedelai masih akan stabil karena persediaan kedelai semakin sedikit untuk dijual, ditambah dari data laporan ekspor mingguan minggu ini membuat target ekspor AS sudah mencapai 99% dari target ekspor selama tahun marketing ini.

Harga kedelai pada minggu ini sempat mengalami penurunan karena curah hujan meningkat di Brazil, dan juga di Argentina.

Di Brazil panen masih berlangsung lambat sekalipun cuaca sudah kembali membaik dan hujan sudah turun sehingga tidak mengalami kekeringan.

USDA diperkirakan akan mengumumkan perluasan area penanaman kedelai pada tanggal 31 Maret dan akan membuat harga kedelai akan turun.

Cina diperkirakan masih akan membeli kedelai dari AS pada tahun ini dan pada tahun depan diperkirakan akan membeli dari Amerika Selatan.

Permintaan kedelai di AS masih meningkat karena meningkatnya permintaan kedelai untuk digiling dari pasar domestik AS.

Analisa tehnikal untuk kedelai dengan support pertama di $13.74 dan berikut ke $13.68 sedangkan resistant pertama di $14.13 dan berikut ke $14.25.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here