Nilai Pasar Cryptocurrency Mencapai $ 2 Triliun Untuk Pertama Kali, Terdorong Rally Ethereum

222

(Vibiznews – Forex) Nilai pasar cryptocurrency mencapai $ 2 triliun untuk pertama kalinya pada hari Senin didorong oleh reli di eter, koin digital terbesar kedua.

Hanya dalam dua bulan, kapitalisasi pasar pasar cryptocurrency telah berlipat ganda, menurut situs web pelacakan harga CoinGecko, karena investor ritel dan institusional menumpuk.

Bitcoin, mata uang digital terbesar, menyumbang lebih dari 50% dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency. Bitcoin telah menguat lebih dari 100% tahun ini saja, dan itu telah membantu mendorong pasar mata uang kripto lebih tinggi.

Bulan lalu, bitcoin mencapai rekor tertinggi di atas $ 61.000. Koin digital diperdagangkan sekitar $ 58.800 pada hari Selasa, menurut data Coindesk.

Tetapi dorongan terbaru di pasar cryptocurrency tampaknya didorong oleh eter, koin digital yang menggerakkan blockchain Ethereum.

Bitcoin juga berjalan pada teknologi yang disebut blockchain yang merupakan buku besar aktivitas publik dan cara untuk melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency. Sebagai perbandingan, blockchain Ethereum lebih seperti platform perangkat lunak yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi di atasnya. Pengguna kemudian dapat menggunakan ether untuk aplikasi ini.

Kontrak pintar yang disebut adalah fitur utama Ethereum. Ini adalah kontrak yang dapat dijalankan secara otomatis menggunakan kode.

Ada pencerahan yang semakin besar tentang penggunaan Ethereum dalam apa yang disebut keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, aplikasi. Ini adalah layanan keuangan berbasis blockchain, seperti pinjaman, yang secara teori dapat melewati bank dan broker. Pengguna aplikasi ini dapat bertransaksi menggunakan cryptocurrency.

Ethereum juga memiliki teknologi yang mendasari di balik kegemaran baru-baru ini dalam token non-fungible, atau NFT – jenis aset digital baru.

Investor miliarder Mark Cuban memiliki eter dan mengatakan bahwa itu adalah “yang paling dekat dengan mata uang yang sebenarnya.”

Ether mencapai level tertinggi sepanjang masa di $ 2.151.25 pada Selasa pagi waktu Singapura, menurut CoinDesk. Itu naik lebih dari 180% year-to-date.

Bitcoin masih tetap menjadi pembangkit pasar cryptocurrency dan selama beberapa bulan terakhir, terjadi peningkatan minat yang besar di antara perusahaan dan investor institusional besar.

Tesla dan Square adalah di antara beberapa perusahaan yang telah membeli bitcoin.

Sementara itu, bank investasi besar sedang menjajaki cara untuk memungkinkan klien terlibat dengan investasi aset digital. Pada bulan Maret, CNBC melaporkan bahwa Morgan Stanley menjadi bank besar AS pertama yang menawarkan akses ke dana bitcoin kepada klien manajemen kekayaannya. CNBC juga melaporkan bulan lalu bahwa Goldman Sachs bersiap untuk meluncurkan kendaraan investasi pertamanya untuk bitcoin dan aset digital lainnya kepada klien dari grup manajemen kekayaan pribadinya.

Ada juga harapan di antara investor untuk portofolio produk investasi yang berkembang dan banyak yang menonton Investasi Grayscale, yang menjalankan salah satu dana bitcoin publik terbesar yang diperdagangkan. Ini dikenal sebagai Grayscale Bitcoin Trust.

Perusahaan itu mengatakan pada hari Senin bahwa mereka 100% berkomitmen untuk mengubah kepercayaan itu menjadi dana yang diperdagangkan di bursa, atau ETF. Itu akan secara efektif melacak harga bitcoin dan memungkinkan pedagang untuk memainkan pergerakan harga tanpa memiliki mata uang kripto itu sendiri. Ini bisa menjadi cara bagi lebih banyak investor untuk terlibat dalam pasar bitcoin.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here