Harga Minyak Sawit Naik Ke Harga Tertinggi Satu Minggu

235

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit pada penutupan pasar hari Selasa naik ke harga tertinggi satu minggu karena mengikuti kenaikan dari minyak kedelai dan perkiraan produksi April turun.

Harga minyak sawit Juni di Bursa Malaysia Derivatives Exchange ditutup naik 53 ringgit atau 1.42% menjadi 3,792 ringgit ($918.16) per ton.

Southern Peninsula Palm Oil Millers Association (SPPOMA) memperkirakan produksi dari 1 – 5 April turun 6% dari bulan lalu.

Ekspor minyak sawit Malaysia dari 1 – 5 April naik 10.6% dari bulan lalu pada periode yang sama menurut cargo surveyor Intertek Testing Services pada hari Senin.
Menurut survey Reuter, persediaan bulan April diperkirakan masih akan sedikit walaupun pada akhir Maret persediaan meningkat 1.3 % dari bulan sebelumnya menjadi 1.32 juta ton.

Srilangka melarang impor minyak sawit dan penanaman sawit yang baru untuk meningkatkan produksi perkebunan sawit yang sudah ada secara maksimal.

Harga minyak mentah naik 4 % setelah dolar AS turun pada hari Selasa sehingga produksi minyak mentah kembali naik menjadi 2 juta barel perhari dan akan menambah persediaan di pasar pada bulan Juli. Dengan kenaikan dari harga minyak mentah maka permintaan akan biodiesel dengan sebagian bahan baku adalah minyak sawit akan naik permintaannya sehingga persediaan minyak sawit berkurang dan harganya meningkat.

Harga minyak kedelai di Bursa Dalian naik 2.7% sementara harga minyak sawit naik 2.7%. Harga minyak kedelai di CBOT naik 0.5%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support pertama di 3,650 ringgit dan berikut ke 3,620 ringgit sedangkan resistant pertama di 3,760 ringgit dan berikut ke 3,830 ringgit

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here