Harga Karet Cina Terjun ke Terendah 3 Bulan, Tocom dan Sicom Ikut Melemah

580

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet anjlok cukup signifikan di bursa komoditas internasional pada perdagangan hari Kamis (8/4/2021), dengan karet SHFE dan Sicom turun 2% lebih. Harga karet di bursa Shanghai atau SHFE terjun bebas ke posisi terendah 3 bulan setelah sebelumnya berada di posisi tertinggi sepekan.

Tekanan jual cukup besar pada perdagangan karet berjangka hari ini dipicu oleh anjloknya harga minyak mentah dunia yang merupakan bahan pembuatan karet sintetis dan kekhawatiran peningkatan kasus baru virus corona di beberapa negara konsumen besar seperti India, Korea Selatan, Jepang dan Eropa. India dilaporkan mencatat rekor kasus baru sebanyak 127 ribu per hari Rabu.

Harga minyak mentah tertekan oleh laporan peningkatan pasokan minyak mentah AS hingga 4 juta barel, turun 1% lebih untuk minyak Brent dan juga WTI. Tekanan untuk harga karet Tocom juga dipicu oleh penguatan kurs yen Jepang terhadap dolar AS dan juga laporan rekor kasus harian covid-19 di Osaka.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini  melemah 3,3 yen atau 1,29%  ke posisi 244.7 yen per kg, posisi terendah sepekan,  setelah dibuka pada posisi 248.5 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021 ditutup anjlok  375 poin atau 2,62%  ke posisi 13970  yuan, terendah sejak 31 Desember 2020.  Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2021  pada sesi sebelumnya ditutup naik US$3,6  atau 2,14% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 164,4, terendah 1 April.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here