Bulan April: 8 Emiten Bagi-Bagi Dividen

262

(Vibiznews – IDX Stocks) – Periode Maret hingga April adalah periode yang menggembirakan bagi pemegang saham di suatu perusahaan. Karena merupakan musim pembagian dividen rutin yang terjadi di periode dua bulan tersebut.

Para pelaku pasar bisa memanfaatkan momen ini dengan membeli saham-saham emiten yang sedang bersiap menebar keuntungan tahunan dalam waktu dekat sebelum tanggal jatuh tempo dimana pembelian bisa tercatat sebagai pemegang saham atau cum date.
Dividen dari laba bersih yang dibagikan perusahaan menjadi menjadi satu keuntungan investasi selain lewat kenaikan harga saham (capital gain).

Setidaknya ada 8 emiten yang akan membagikan dividen tunai dengan cum date (cumulative date) yang dilaksanakan dalam bulan April ini.

Sebagai informasi, cum date adalah tanggal terakhir seorang investor dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh dividen dari kepemilikan saham suatu perusahaan tertentu.
Adapun emiten-emiten yang akan membagikan dividennya pada bulan ini adalah:

1. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII)

Berdasarkan keputusan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada 26 Maret lalu, Maybank memutuskan akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2020 sebesar Rp 3,32 per saham atau total Rp 253,27 miliar. Angka ini 20% dari total laba bersih perusahaan pada tahun lalu.
Menurut informasi manajemen perseroan, cum date di pasar reguler dan negosiasi dilakukan pada 6 April 2021. Sementara, cum dividen di pasar tunai dilakukan bersamaan dengan recording date, yakni pada Kamis (8/4/2021).
Untuk tanggal pembayaran dividen tunai akan dilakukan pada 29 April 2021.

2. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR)

Emiten produsen semen Gresik, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mengumumkan akan membagikan dividen senilai Rp 1,16 triliun kepada pemegang sahamnya atas kinerja perusahaan di tahun lalu.
Nilai tersebut merupakan 40% dari total laba bersih yang diperoleh perusahaan sepanjang tahun 2020. Adapun besaran dividen SMGR senilai Rp 188,30 per saham.
Cum dividen SMGR di pasar reguler dan negosiasi dilaksanakan pada 7 April 2021. Sementara, cum date di pasar tunai dan tanggal pencatatan (recording date) jatuh pada Jumat (9/4/2021). Lalu, pembayaran dividen tunai akan dilakukan pada 29 April 2021.

3. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI)

BBNI akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 820,10 miliar atau setara Rp 44,02 per saham bagi yang berhak menerima dividen tunai tersebut.
Dalam pengumuman di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), cum dividen di pasar reguler dan negosiasi dijadwalkan pada 7 April 2021. Lalu cum dividen di pasar tunai dijadwalkan pada 9 April 2021, bersamaan dengan tanggal recording date Daftar Pemegang Saham (DPS).
Adapun tanggal pembayaran dividen tunai akan dilaksanakan pada 30 April 2021.

4. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

Emiten ‘raja kapitalisasi pasar’, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp 13,69 triliun atau setara Rp 432 per saham.
Dalam pengumuman di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), cum dividen di pasar reguler dan negosiasi dijadwalkan pada 7 April 2021. Lalu cum dividen di pasar tunai dijadwalkan pada 9 April 2021, bersamaan dengan tanggal recording date Daftar Pemegang Saham (DPS).
Adapun tanggal pembayaran dividen tunai akan dilaksanakan pada 28 April 2021.

5. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG)

Emiten menara telekomunikasi milik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan pengusaha Edwin Soeryadjaya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), akan membagikan dividen tunai Rp 32 per saham. Adapun total nilai dividen yang dibagikan sebesar Rp 692,19 miliar.
Tanggal cum dividen di pasar reguler dan negosiasi berlangsung pada hari ini, Kamis (8/4/2021). Untuk cum date di pasar tunai akan dilakukan berbarengan dengan recording date, yakni pada 12 April 2021.
Tanggal pembagian dividen sendiri akan dilaksanakan pada 29 April 2021.

6. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB)

Emiten produsen brand semen Dynamix, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB), memutuskan akan membagikan dividen final atas kinerja laba tahun lalu senilai Rp 195,29 miliar, dengan dividen tunai yang akan dibagikan (dividend per share) sebesar Rp 25,48 per saham.
Adapun cum date anak usaha PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) ini di pasar reguler dan negosiasi akan berlangsung pada hari ini, Kamis (8/4/2021). Sementara jadwal cum date di pasar tunai serta tanggal pencatatan (recording date) pemegang saham yang berhak dividen dilakukan pada 12 April 2021.
Untuk pembayaran dividen tunai sendiri akan dilaksanakan pada 27 April 2021.

7. PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk (SDRA)

Emiten perbankan SDRA akan membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp 65,80 miliar atau senilai Rp 10 per saham. Dividen tunai tersebut merupakan 12,28% dari total laba bersih perusahaan sepanjang tahun lalu.
Untuk jadwal cum date dividen SDRA di pasar reguler dan negosiasi akan berlangsung hari ini, Kamis (8/4). Adapun cum date di pasar tunai serta recording date dilakukan pada 12 April 2021.
Lebih lanjut, tanggal pembayaran dividen tunai SDRA akan berlangsung pada 30 April 2021.

8. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

Emiten farmasi dan jamu, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) akan membagikan dividen tunai final untuk tahun 2020 sebesar Rp 18,9 per saham. Totalnya, dividen tunai SIDO sepanjang tahun lalu senilai Rp 561,91 miliar.
Jadwal cum date dividen SIDO di pasar reguler dan negosisasi akan dilaksanakan pada Jumat besok (9/4/2021). Adapun cum dividen di pasar tunai dilaksanakan pada 13 April 2021. Bersamaan dengan cum date di pasar tunai, tanggal pencatatan akan dilaksanakan pada 13 April 2021.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here