Rekomendasi EUR/USD 9 April 2021: Naik dengan Jatuhnya Yields AS Lebih Lanjut

1112
sumber gambar : teller report

(Vibiznews – Forex) EUR/USD menambah keuntungannya, berhasil menembus keatas 1.19 di sekitar 1.1921, dengan yields AS memperpanjang penurunannya ke bawah 1.64%, sebagian berhubungan dengan kenaikan klaim pengangguran  AS yang mengecewakan. Keprihatinan terhadap vaksin sebelumnya sempat membebani euro.

Departemen tenaga kerja AS mengatakan bahwa klaim pengangguran mingguan naik sebanyak 16.000 menjadi 744.000 dari minggu sebelumnya 728.000 klaim. Sementara konsensus pasar memperkirakan klaim pengangguran awal adalah sebanyak 682.000.

Perkataan dari Presiden Federal Reserve, Charles Evens, merefleksikan pesan umum:”terlalu pagi untuk membicarakan mengenai tapering dari QE”. The Fed masih akan terus mencetak dollar AS ke depannya, hal ini mendorong matauang AS turun. Risalah pertemuan FOMC juga merefleksikan komitmen untuk mendukung ekonomi, sementara waktu, meskipun prospek pemulihan ekonomi AS membaik.

Di Eropa harapan untuk keluar dari krisis covid lebih cepat tetap merupakan ilusi. Eropa tergantung berat terhadap AstraZeneca yang bermasalah dengan penggumpalan darah akibat vaksin. Sementara itu Jerman sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang lockdown. Perancis tetap berada di bawah restriksi yang keras dan Itali juga lumpuh. Virus corona terus menyebar membebani pemulihan.

Secara keseluruhan, sementara dollar AS tertekan oleh the Fed, keprihatinan akan pemulihan ekonomi di Eropa bisa mendorong euro turun, dan berpotensi membawa turun kembali EUR/USD.

“Support” terdekat menunggu di 1.1860 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1820 dan kemudian 1.1785.  “Resistance” terdekat menunggu di 1.1930 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1945 dan kemudian 1.1990.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here