Rekomendasi Minyak 9 April 2021: Bergerak di Rentang Harga Terbatas

175

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) terus berkonsolidasi dalam rentang harga yang terbatas antara level $59.00 sampai $60.00.

Partisipan pasar minyak mentah terus menimbang-nimbang antara hal yang positip bagi harga minyak mentah WTI, yaitu prospek reboundnya ekonomi global sebagai akibat dari keberhasilan vaksin (yang dipimpin oleh pertumbuhan ekonomi AS yang kuat) melawan keprihatinan atas permintaan minyak jangka pendek, sebagai akibat dari naiknya infeksi corona virus di sejumlah negara Eropa dan negara pengkonsumsi minyak mentah lainnya  WTI sekarang sedang

Saat ini WTI diperdagangkan tepat diatas $59.70, minyak mentah WTI gagal mengambil keuntungan dari turunnya dollar AS sebagai akibat dari turunnya yields obligasi pemerintah AS dan naiknya saham – saham AS dengan indeks dow jones dan S&P 500 mencetak rekor teringgi serta terus positipnya pemulihan ekonomi AS, ditengah data ekonomi yang kuat.

Beberapa hal yang menekan harga minyak mentah WTI antara lain, keprihatinan atas naiknya inventori minyak mentah WTI dan bertambahnya restriksi di Eropa. Di Eropa harapan untuk keluar dari krisis covid lebih cepat tetap merupakan ilusi. Eropa tergantung berat terhadap AstraZeneca yang bermasalah dengan penggumpalan darah akibat vaksin. Sementara itu Jerman sedang mempertimbangkan untuk memperpanjang lockdown. Perancis tetap berada di bawah restriksi yang keras dan Itali juga lumpuh. Virus corona terus menyebar membebani pemulihan.

“Support” terdekat menunggu di $58.47 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $57.36  dan kemudian $56.57. “Resistance” yang terdekat menunggu di $60.38 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $61.17 dan kemudian $62.28.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here